Transformasi Digital, Petrokimia Gresik Berhasil Lebih Efisien

Jum'at, 15 Maret 2024 - 22:21 WIB
loading...
Transformasi Digital, Petrokimia Gresik Berhasil Lebih Efisien
Petrokimia Gresik terus menjalankan transformasi digital demi meningkatkan efisiensi di seluruh lini bisnis. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Petrokimia Gresik terus menjalankan transformasi digital demi meningkatkan efisiensi di seluruh lini bisnis. Langkah tersebut juga berhasil meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan.

"Seluruh karyawan Petrokimia Gresik harus mampu mengoptimalkan digitalisasi sehingga perusahaan bisa dan bahkan tumbuh di era persaingan yang semakin ketat ini. Seiring dengan kemajuan zaman, pemanfaatan teknologi yang sudah menjadi corporate culture terus ditingkatkan implementasinya di semua aspek bisnis Petrokimia Gresik," ujar Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo dalam ajang 13th Anugerah BUMN 2024 di Jakarta, Rabu (13/3/2024).



Menurut dia digitalisasi telah dijalankan Petrokimia Gresik mulai dari proses perencanaan, pengadaan, produksi, distribusi hingga penjualan untuk menciptakan produk berkualitas dan berdaya saing. Dampaknya tidak hanya dirasakan perusahaan, namun juga akan mendorong kesejahteraan petani dan kemajuan pertanian di tanah air melalui peningkatan produktivitas hasil budidaya.

Di tahap perencanaan, digitalisasi yang telah dijalankan mampu meningkatkan akurasi perencanaan pengadaan bahan baku dengan aplikasi SIPS (Smart & Intelligent Procurement System). Pada proses rantai pasok, implementasi program ISCE (Internal Supply Chain Excellence) yang merupakan integrasi seluruh sistem digital rantai pasok perusahaan, menggunakan aplikasi WMS (Warehouse Management System), Petroport (Petrokimia Port Information System), DTMS (Digital Truk Monitoring System), 2CE (Customer Centric Excellence), MJ (Muriate of Potash Joss), dan ER-PORT (Efficent Reliability PORT) sehingga dapat menurunkan biaya Internal Supply Chain sebesar 37 persen serta waiting truck time dan risiko terjadinya kerusakan pada saat pengiriman pupuk juga menurun.

Dia juga menjelaskan, transformasi digital Petrokimia Gresik tidak hanya berfokus pada proses bisnis saja, tapi juga di bidang Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satu contohnya untuk meningkatkan kompetensi karyawan diciptakan digitalisasi pelatihan atau DLC (Digital Learning Center) atau aplikasi pembelajaran yang terintegrasi dengan empat platform.



Pertama, Enterprise University, yang merupakan super platform yang tidak hanya mendigitalkan pembelajaran, tetapi memberikan pengalaman belajar secara digital sekaligus berkolaborasi, berinteraksi, dan mengeksplorasi seluruh kompetensi yang dibutuhkan melalui Video Based Learning, Digital Handout, Ujian secara online, Assignment dan Coaching.

Kedua, Vitual Reality, sebuah inovasi pelatihan interaktif melalui pemanfaatan teknologi virtual reality untuk memberikan tingkat pemahaman materi yang didesain dengan kondisi nyata. Berikutnya ada platform Augmented Reality safety induction dan 360 Plant Tour.

"DLC ini mampu mengurangi risiko kecelakaan pada proses pembelajaran di pabrik, serta menjadi solusi pada saat pandemi Covid-19 kemarin," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)