Pacu Produktivitas Pangan Lewat 1600 Hektar Lahan Pertanian di Riau

Rabu, 03 Oktober 2018 - 01:14 WIB
Pacu Produktivitas Pangan Lewat 1600 Hektar Lahan Pertanian di Riau
Pacu Produktivitas Pangan Lewat 1600 Hektar Lahan Pertanian di Riau
A A A
JAKARTA - Kementerian (Kementan) berencana membangun lahan pertanian seluas 1.600 hektare di wilayah perbatasan Kepulauan Riau (Kepri). Hal ini dikakukan dalam meningkatkan produktivitas pangan.

Lahan pertanian akan dibuat di Kabupaten Lingga dan Karimun. Rencananya, selain sawah, lahan ini juga akan dikembangkan untuk beternak dan menanam aneka jenis buah dalam meningkatkan produksi pangan di Indonesia.

"Kita bangun sawah pake cangkul, Insya Allah tahun depan ditambah. Tujuannya menambah produksi pangan, kalau beras harus diangkut ke Kepri akan ada inflasi karena pakai biaya warga. 1600 hektar target 2 juta," ujar Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman di Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Menurutnya pembangunan lahan sawah di kepulauan Riau karena memiliki nilai strategis. Sebab, agrobisnis seperti pertanian memiliki potensi besar meningkatkan penghasilan daerah.

"Kepulauan Riau sendiri memiliki kelebihan tersendiri dalam perdagangan internasional karena kawasan Batam, Bintan dan Karimun masuk ke dalam kawasan free trade zone yaitu kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas," katanya.

Untuk membangun kawasan sawah ini pihaknya bekerjasama dengan kantor perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Riau. Agar kerjasama ini bisa nendukung pengendalian inflasi, penggunaan layanan keuangan non tunai ataupun akses keuangan di sektor pertanian.

"Bank Indonesia juga akan melakukan kegiatan pengembangan sumber pembiayaan dalam rangka mendorong peningkatan usaha pertanian, serta melakukan edukasi keuangan terhadap pelaku usaha tani dalam rangka meningkatkan akses keuangan," jelasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5068 seconds (0.1#10.140)