Pemerintah Diminta Lindungi Atlet dengan Jaminan Sosial

Rabu, 03 Oktober 2018 - 19:28 WIB
Pemerintah Diminta Lindungi Atlet dengan Jaminan Sosial
Pemerintah Diminta Lindungi Atlet dengan Jaminan Sosial
A A A
JAKARTA - BPJS Ketenagakerjaan meminta pemerintah untuk memperhatikan atlet dalam hal perlindungan jaminan sosial. Atlet harus menjadi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan karena rentan terhadap risiko cedera, baik saat bertanding ataupun latihan.

"Atlet jangan dilindungi hanya ketika ada event saja, tetapi sebelum dan setelah event mereka harus terlindungi oleh jaminan sosial seperti BPJS Ketenagakerjaan," ujar Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif saat menjenguk atlet baseball Luthvy Jhonata pascapelaksanaan operasi ligamen lutut kiri di RS Medistra Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Menurut Krishna, Kemenpora harus mendorong pengurus olah raga untuk mendaftarkan atletnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka atlet akan terjamin pengobatannya jika mengalami cedera. "Kami akan bantu pengobatannya sampai sembuh berapapun biayanya, seperti yang dialami Jhonata. Bahkan kami juga akan berikan santunan penghasilan, selama tidak bisa melakukan aktivitas sesuai dengan ketentuan," jelasnya.

Luthvy mengalami cedera saat bertanding di ajang Asian Games ke XVIII yang berlangsung di Jakarta-Palembang dan mendapatkan perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dari BPJS Ketenagakerjaan berupa penanggungan biaya perawatan sampai sembuh sesuai indikasi medis.

Ketua Tim Medis Tim Indonesia dr Antonius Andi Kurniawan Sp KO mengaku sangat terbantu dengan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan. "Seluruh atlet yang cedera ditangani dengan baik dan mendapatkan pelayanan yang excelent, proses administrasi kami dengan pihak rumah sakitpun gampang dan merekapun terus mendampingi atlet dalam masa perawatan, dan saya tidak menyangka bahwa atlet akan dibiayai pengobatannya hingga sembuh dan dapat beraktivitas kembali," tegasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9777 seconds (0.1#10.140)