Parade Ekonomi Kerakyatan Meriahkan Agenda Pertemuan IMF-World Bank

Sabtu, 06 Oktober 2018 - 19:50 WIB
Parade Ekonomi Kerakyatan Meriahkan Agenda Pertemuan IMF-World Bank
Parade Ekonomi Kerakyatan Meriahkan Agenda Pertemuan IMF-World Bank
A A A
JAKARTA - Santri Millenial Center (SIMAC) bersama Asosiasi Kelompok Usaha Rakyat Indonesia (Akurindo) akan melangsungkan sarasehan nasional hingga parade UMKM dalam acara International Monetary Fund-World Bank Group (IMF-WBG) Annual Meeting 2018 di Bali.

Ketua Umum Akurindo, Emir Moeis, mengatakan sarasehan nasional kali ini mengangkat tema 'Implementasi Arus Baru Ekonomi Indonesia Bagi Pelaku Usaha Rakyat Khususnya Petani, Nelayan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)'.

"Sarasehan ini diharapkan menghasilkan rekomendasi yang bisa memberikan dampak positif bagi pengembangan pelaku usaha rakyat nasional," kata Emir dalam keterangan rilisnya di Jakarta, Sabtu (6/10/2018).

Acara tersebut digelar dalam bentuk diskusi terbuka dengan beberapa panel atau sesi diskusi. yang melibatkan sejumlah pejabat di sektor ekonomi dan keuangan nasional, dipandu oleh Arief Budimanta (Wakil Ketua KEIN Komite Ekonomi Industri Nasional).

"Kita membutuhkan komitmen dari semua komponen bangsa untuk mendukung implementasi arus baru ekonomi bagi pelaku usaha rakyat Indonesia khususnya petani, nelayan dan UMKM di seluruh tanah air," tambah dia.

Sub-sub tema yang akan dibahas selama sarasehan berlangsung antara lain: Pengembangan Ekonomi Kerakyatan melalui penguatan akses dan penguatan modal bagi UMKM termasuk usaha mikro pesantren, mendorong berkembangnya koperasi untuk meningkatkan daya saing industri kecil dan kegiatan ekonomi masyarakat bawah.

"Acara ini diharapkan bisa membantu UMKM untuk mengekspor produknya ke luar negeri, terutama dengan menggunakan teknologi digital," tambahnya.

Sementara itu, Ketua SIMAC Nur Rohman, mengungkapkan pada kesempatan ini juga akan diluncurkan Gerakan sejuta Gus Iwan (Santri Bagus, Rupawan Seneng Ngaji dan Wirausahawan) sebagai buah komitmen Kyai Ma'ruf Amin dalam mencetak generasi tangguh yang Islami dengan menciptakan produk halal dan tidak ada riba.

"Gus Iwan ini merupakan sosok pemuda zaman now, pemuda milenial yang punya jiwa patriotisme dan kemandirian dalam usaha. Indonesia akan menuju era keemasan dan akan dimotori oleh anak-anak muda yang terpanggil jiwa raganya demi bangsa Indonesia," ujar dia.

Untuk mendukung Gerakan Ekonomi Kerakyatan ini akan dilakukan deklarasi dukungan bagi implementasi Arus Baru Ekonomi Bagi Pelaku Usaha Rakyat Indonesia khususnya petani, nelayan dan UMKM melalui Parade Ekonomi Kerakyatan. Parade ini akan dilaksanakan pada 10 titik kegiatan di seluruh Indonesia.

Salah satunya Parade Ekonomi Kerakyatan ini adalah pameran pelaku ekonomi kerakyatan MSP Expo Amazing Bali 2018 pada 10-14 Oktober 2018 di Lapangan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Renon Denpasar, Bali.

Pameran hasil kerja sama antara Koperasi Jasa Mitra Sarana Perjuangan (MSP), Akurindo dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali dan gratis untuk umum.

Sekitar 300 lebih pelaku UMKM terbaik nasional akan terlibat pada pameran bertema Amazing Bali ini. Mereka akan memamerkan aneka produk dengan potensi ekspor dari Bali dan seluruh Indonesia, mulai dari kuliner, fashion serta kerajinan (craft).
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0792 seconds (0.1#10.140)