Kulit Asal Garut Jadi Pelapis Kursi Pesawat Lion Air

Kamis, 21 Maret 2024 - 22:48 WIB
loading...
Kulit Asal Garut Jadi Pelapis Kursi Pesawat Lion Air
Lion Air Group menggandeng pabrik kulit Garut untuk memproduksi pelapis kursi pesawat sejak akhir tahun 2023. FOTO/Agung Bakti Sarasa
A A A
RIAU - Lion Air Group menggandeng pabrik kulit Garut untuk memproduksi pelapis kursi pesawat sejak akhir tahun 2023. Hal itu merupakan langkah pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM), dimana kulit pelapis kursi pesawat penumpang Lion Air dipasok dari pengrajin di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Presiden Direktur Lion Air Group, Daniel Putut Kuncoro Adi mengatakan, selain menghadirkan kualitas bermutu, penggunaan produk lokal juga bisa menekan ongkos produksi sekitar 50 persen.

“Dengan komponen lokal kita bisa menjus ongkos produksi itu sekitar 50 persen, itu termasuk komprehensif dengan biaya pengiriman dan biaya tax nya,” ucap Daniel di kompleks Batam Aero Technic, Kepulauan Riau, Kamis (21/3/2024).



Selain pelapis kursi, kata Daniel, ada beberapa item lain dari produk lokal yang saat ini tengah dalam proses sertifikasi.

"Jadi ada beberapa item yang sudah diverifikasi. Lebih ke aksesoris dari si kursinya. Ini sedang dalam proses sertifikasi," tandasnya.

Pelapis jok kursi merupakan bagian penting dari pengalaman penumpang. Produk ini dirancang menjaga kursi tetap bersih, terlindungi dari kerusakan, dan memberikan tampilan yang elegan dalam kabin pesawat.



Untuk diketahui, jenis kulit yang digunakan adalah kulit sapi asli, bukan sintetis. Selain itu, harus memenuhi standar seperti bisa ditarik, tidak mudah sobek, dan tidak terbakar.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1038 seconds (0.1#10.140)