alexametrics

IMF-World Bank 2018, Jack Ma: Internet Beri Kesempatan Usaha Kecil

loading...
IMF-World Bank 2018, Jack Ma: Internet Beri Kesempatan Usaha Kecil
Pendiri bisnis Alibaba Group, Jack Ma bercerita seputar perjalanan bisnisnya hingga membuat Alibaba besar saat menghadiri pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018. Foto/Yanuar Riezqi
A+ A-
NUSA DUA - Pendiri bisnis Alibaba Group, Jack Ma bercerita seputar perjalanan bisnisnya hingga membuat Alibaba, yang saat ini menjadi perusahaan e-commerce terbesar di China. Hal ini disampaikan saat menjadi pembicara dalam seminar Disrupting Development - How Digital Platform and Innovation are Changing the Future of Developing Nations yang merupakan rangkaian pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018.

Jack Ma menerangkan, bahwa bisnisnya dimulai dengan fokus mengembangkan perusahaan kecil, dimana saat itu di China belum ada sistem pembayaran. "Perusahaan enggak bisa dapat penghasilan baik. Kita bantu bisnis kecil mencapai pasar tersebut, lalu bisa jual ke kota lain, ke Ibu Kota," ujarnya yang hadir dengan kemeja lengan panjang berwarna putih di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018).

Dengan banyak membantu bisnis kecil tersebut, Jack Ma akhirnya bisa mempunyai Alipay. Selain itu juga mencapai keberhasilan dari sisi logistik. "Kita bantu mereka perusahaan kecil mencapai hal ini dengan internet. Ini membuat pengusaha banyak kesempatan membangun infrastruktur keuangan," terang dia

Infrastruktur keuangan itu diciptakan Jack Ma selama 10 tahun. Hingga sekarang sudah 19 tahun, Alibaba Group terus melayani usaha kecil. "Kita tak lupa layani bisnis kecil, kita mulai bisnis di negara kaya. Kita enggak punya uang, teknologi, sumber daya manusia, tapi sekarang Jack Ma sukses dan 70% manusia di dunia bisa sukses dengan kerja keras," pungkasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak