Seumuran dan Sama-sama Pemberi Pinjaman, Ini Perbedaan IMF dan Bank Dunia

Senin, 08 Agustus 2022 - 11:09 WIB
loading...
Seumuran dan Sama-sama Pemberi Pinjaman, Ini Perbedaan IMF dan Bank Dunia
Perbedaan IMF dan Bank Dunia menarik untuk dicermati. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Perbedaan IMF dan Bank Dunia menarik untuk dicermati, mengingat keduanya sama-sama lembaga internasional di bidang keuangan dan kerap memberikan pinjaman.

Didirikan pada konferensi Bretton Woods pada 1944, kedua organisasi yang bermarkas di Washington DC, Amerika Serikat (AS) , punya misi yang saling melengkapi.

Dana Moneter Internasional atau IMF berfungsi untuk menstabilkan sistem moneter internasional dan bertindak sebagai pemantau mata uang dunia. Sementara, Kelompok Bank Dunia atau World Bank Group bekerja dengan negara-negara berkembang untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kemakmuran bersama.

Perbedaan utama IMF dan Bank Dunia terletak pada tujuan dan fungsinya masing-masing. IMF mengawasi stabilitas sistem moneter dunia, sedangkan tujuan Bank Dunia adalah mengurangi kemiskinan dengan menawarkan bantuan kepada negara-negara berpenghasilan menengah dan rendah.

IMF memantau ekonomi secara global dan di negara-negara anggota, memberikan pinjaman ke negara-negara yang mengalami kesulitan neraca pembayaran, dan memberikan bantuan praktis kepada anggota.

Baca juga: Menguak 3 Alasan IMF Melukiskan Gambaran Suram Ekonomi Global di Sisa 2022

Adapun Bank Dunia memberikan pembiayaan, saran kebijakan, dan bantuan teknis kepada pemerintah, serta berfokus pada penguatan sektor swasta di negara-negara berkembang.

Merujuk laman worldbank.org, negara-negara harus terlebih dahulu bergabung dengan IMF agar memenuhi syarat untuk bergabung dengan Grup Bank Dunia.

Hingga saat ini tercatat sebanyak 189 negara anggota Grup Bank Dunia. Adapun Presiden Bank Dunia berasal dari AS—pemegang saham terbesar grup tersebut. Anggota diwakili oleh dewan gubernur. Kekuasaan didelegasikan sepanjang tahun kepada dewan yang terdiri dari 25 direktur eksekutif.

Berikut ini penjelasan lebih rinci mengenai peran IMF dan Bank Dunia, dikutip SINDOnews dari laman resmi imf.org dan worldbank.org, serta investopedia.com, Senin (8/8/2022):
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2239 seconds (11.252#12.26)