Bekraf Fasilitasi Pelaku Seni Pertunjukan ke Australia

Jum'at, 02 November 2018 - 16:01 WIB
Bekraf Fasilitasi Pelaku Seni Pertunjukan ke Australia
Bekraf Fasilitasi Pelaku Seni Pertunjukan ke Australia
A A A
JAKARTA - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memfasilitasi sejumlah pelaku kreatif subsektor seni pertunjukan ke festival seni OzAsia Festival 2018 yang berlangsung 25 Oktober hingga 11 November 2018. di Adelaide Festival Centre, Australia. Tahun ini adalah partisipasi ketiga bagi Bekraf sejak tahun 2016 lalu.

"Kami berharap agar pada partisipasinya tahun ini, seni pertunjukan Indonesia semakin dikenal dan diakui eksistensinya di lingkup Asia secara khusus dan global secara umum," kata Deputi Pemasaran Bekraf Joshua Puji Mulia Simandjuntak, Jumat (2/11/2018).

OzAsia Festival adalah sebuah festival seni yang berfokus kepada seni pertunjukan kontemporer, seperti tari, teater, musik, seni visual serta film. Dengan ruang lingkup yang terfokus, namun tidak terbatas pada regional Asia-Pasifik, OzAsia Festival tahun ini akan dimeriahkan oleh sekitar 817 artis dari 19 negara, yang akan tampil dalam 251 jadwal pertunjukan dalam rentang waktu 2 minggu.

Tidak hanya itu, pada perhelatannya tahun ini, OzAsia Festival juga memasukkan sebuah program konferensi serta pasar seni pertunjukan yang telah terkenal di seluruh Asia, Borak Arts Series, sebagai salah satu bagian acara.

Menurut data statistik ekonomi kreatif Indonesia yang dirilis oleh Bekraf dan Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2016 silam, subsektor seni pertunjukan menyumbangkan sekitar 0,27% dari keseluruhan produk domestik bruto (PDB) ekonomi kreatif Indonesia pada 2016, di peringkat 11 dari 16 subsektor ekonomi kreatif nasional.

"Angka ini memang masih terbilang minim dibanding dengan subsektor ekonomi kreatif lainnya. Namun, seni pertunjukan juga menunjukkan tren yang menggembirakan dengan mencatat angka 9,54% sebagai subsektor dengan pertumbuhan tertinggi ketiga sepanjang tahun 2016," kata Joshua.

Pada partisipasinya di tahun ini, Bekraf membawa lima pelaku kreatif subsektor seni pertunjukan, dengan rincian dua pelaku akan tampil di dalam OzAsia Festival serta tiga pelaku mempresentasikan karyanya di sesi Pitchpad Borak Arts Series.

Selain menghadirkan penampilan seni serta presentasi karya, beberapa perwakilan delegasi Indonesia juga menghadiri acara Roundtable Session sebagai bagian dari rangkaian acara Borak Arts Series.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3321 seconds (0.1#10.140)