alexametrics

Menaker: Kualitas Orang Indonesia Top, Tapi Kuantitas Kurang

loading...
Menaker: Kualitas Orang Indonesia Top, Tapi Kuantitas Kurang
Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri mengungkapkan, sejatinya kualitas orang Indonesia dan punya talenta hebat. Sayangnya, masih sangat terbatas. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri mengungkapkan, bahwa orang Indonesia sejatinya memiliki kualitas dan talenta yang hebat. Sayangnya, jumlahnya masih sangat terbatas. Hal tersebut dikatakannya dalam sebuah diskusi bertajuk Forum Merdeka Barat 9 dengan tema "Pengurangan Pengangguran".

"Kualitas orang RI itu top. Jadi kalau dari sisi kualitas itu kita ada role modelnya. Pengalaman di kami, ASEAN skill competition kita mendapatkan peringkat kedua di bawah Thailand dengan 13 emas perolehannya. Malaysia hanya 4 emas. Yang ingin dikatakan adalah, kalau dari segi kualitas kita punya. Tapi levelnya masih role model. Jadi contoh terbaiknya aja," katanya di Gedung Bappenas, Jakarta, Kamis (9/11/2018).

Selain itu, jika jumlah orang Indonesia yang unggul di bidang tertentu sudah memadai, mereka hanya terkonsentrasi di kota besar saja. Hal ini yang menciptakan ketimpangan di daerah dan problem terhadap investasi di Tanah Air. "Di Morowali, itu nyari pekerja untuk supir drum truk 2.000 aja dapatnya hanya 8 orang. Tidak semua orang mau bekerja di tempat jin buang anak," imbuh dia.



Oleh sebab itu, pemerintah saat ini memiliki pekerjaan rumah untuk menggenjot kuantitas pekerja skill dan tersebar relatif merata di berbagai daerah di Indonesia. "Sehingga urusan kita terkait masifikasi untuk menggenjot kuantitas pekerja skill kita lebih banyak dan tersebar relatif mreata di berbagai daerah. Kalau tidak seimbang, akan menciptakan ketimpangan di daerah dan problem investasi," tandasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak