Hadapi Puncak Arus Mudik, Bandara Soekarno-Hatta Siapkan Extra Flight dan Ribuan Personel Keamanan

Sabtu, 06 April 2024 - 18:30 WIB
loading...
Hadapi Puncak Arus Mudik, Bandara Soekarno-Hatta Siapkan Extra Flight dan Ribuan Personel Keamanan
Menghadapi puncak arus mudik, Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan extra flight dan ribuan personel keamanan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada pemudik. (Foto.dok iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan)
A A A
JAKARTA - Sejumlah langkah strategis untuk mengantisipasi puncak arus mudik 2024 telah dilakukanPT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Langkah-langkah tersebut antara lain seperti bersama maskapai menyiapkan penerbangan tambahan (extra flight) hingga mengerahkan ribuan personel.

Masa angkutan Lebaran sendiri ditetapkan pada 3 hingga 18 April 2024. Untuk puncak arus mudik Lebaran tahun ini di Bandara Internasional Soekarno-Hatta terjadi pada 6 April 2024, dengan diperkirakan terdapat sebanyak 12.000 penerbangan dan 180.000 penumpang. Sedangkan perkiraan puncak arus balik pada 14 April 2024 dengan 12.000 penerbangan dengan peningkatan jumlah penumpang mencapai 190.000 penumpang.

Dwi Ananda Wicaksana, Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengatakan, pada periode angkutan Lebaran tahun ini terdapat penerbangan tambahan (extra flight) domestik dan internasional di Bandara Soekarno-Hatta.

“Saat ini extra flight yang diajukan maskapai di rute internasional ada 74 penerbangan dan untuk domestik extra flight ada 1.700 extra flight. Kalau extra flight dinamis bergerak terus naik dan puncaknya nanti kami perkirakan pada H-5 sampai H-4 Lebaran 2024. Bandara Soekarno-Hatta beroperasi 24 jam untuk memastikan ketersediaan slot time penerbangan bagi maskapai,” katanya saat ditemui di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis, 4 April 2023.

Selain itu, pihaknya juga mengerahkan sekitar 7000 personel gabungan mulai dari Aviation Security, TNI-Polri, hingga petugas yang berjaga di posko pelayanan terpadu. Ada pula tambahan personel administrasi yang ditempatkan untuk membantu di pos atau check point yang telah ditetapkan.

Dwi menambahkan sejak H-6 Lebaran, jumlah pemudik, penerbangan, dan kargo di Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai meningkat. Pada 3 April tercatat 1.017 penerbangan, lalu 4 April sebanyak 1.108 penerbangan. Total penerbangan di Bandara Internasional Soetta pada 3 dan 4 April mencapai 2.125 penerbangan.

Sementara, jumlah pemudik pada 3 April mencapai 135.077 dan 4 April 152.718. Sehingga total pemudik pada 3-4 April mencapai 287.795. Untuk angkutan kargo pada 3 April tercatat 1.343.409 kilogram dan 4 April mencapai 1.496.573 kilogram. Total kargo di Bandara Internasional Soekarno-Hatta 3 dan 4 April adalah 2.839.982 kilogram.

“Destinasi favorit angkutan Lebaran tahun ini dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk tujuan domestik itu Denpasar. Sedangkan luar negeri rute tertinggi adalah Singapura,” ujarnya.
Hadapi Puncak Arus Mudik, Bandara Soekarno-Hatta Siapkan Extra Flight dan Ribuan Personel Keamanan

Dwi Ananda Wicaksana Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (Foto.dok iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan)

Persiapan pun sudah dilakukan sebagai antisipasi lonjakan dari dua juta penumpang yang akan memadati bandara terbesar di Indonesia. Dalam menghadapi angkutan Lebaran 2024, Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjalankan berbagai rangkaian persiapan untuk mengantisipasi pergerakan penumpang pada mudik tahun ini.

Rangkaian persiapan tersebut seperti Ramp Safety Campaign (RSC) dan Terminal Safety Campaign (TSC) untuk menjamin keselamatan penerbangan serta fasilitas dan keamanan Bandara berjalan dengan baik. Menurutnya, sejak beberapa pekan lalu pihaknya sudah mempersiapkan fasilitas dan sumber daya manusia (SDM) untuk memberikan pelayanan kepada para calon penumpang di Bandara Soekarno-Hatta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)