Pemudik Lebaran 2024 Jalur Darat Naik 13%, Menhub: Tak Ada Kemacetan

Senin, 08 April 2024 - 13:36 WIB
loading...
Pemudik Lebaran 2024 Jalur Darat Naik 13%, Menhub: Tak Ada Kemacetan
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. FOTO/Raka
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa pemudik jalur darat pada Lebaran tahun ini meningkat 13% dibandingkan tahun sebelumnya. Kendati demikian, Menhub mengklaim tak ada kemacetan berarti selama arus mudik berlangsung.



"Kenaikan-kenaikan di sektor darat itu biasanya tidak lebih dari 5%, paling 2% atau 3%, tahun ini kan 13% dan ada satu hari itu (meningkat) 23%," ujarnya kepada wartawan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2024).

Meski terjadi peningkatan yang signifikan, Menhub mengatakan tak ada kemacetan berarti. Untuk itu, Menhub berterima kasih kepada Menko PMK yang telah melakukan koordinasi, TNI/Polri dan seluruh pemangku kepentingan lainnya.



Budi menambahkan, arus mudik dengan transportasi kereta api juga berjalan dengan baik. Dia mengatakan tak terjadi penumpukan pemudik di stasiun. "Kalau di kereta api kan dia punya tiket dia datang 2 jam sebelumnya, kalau ini ada yang belum (punya) tiket bahkan jalannya besok pagi dia datang," kata Menhub.

Kemenhub sebelumnya membeberkan potensi pemudik di Lebaran tahun ini. Survei yang dilakukan Menhub memprediksi ada 193 juta orang melakukan mudik Lebaran tahun dengan 28,4 juta di antaranya berasal dari Jabodetabek.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)