Iran Serang Israel, Harga Emas Terbang ke Titik Tertinggi

Minggu, 14 April 2024 - 07:49 WIB
loading...
Iran Serang Israel, Harga Emas Terbang ke Titik Tertinggi
Harga emas meningkat ke titik tertinggi sepanjang sejarah jelang serangan Iran ke Israel. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Harga emas mencapai titik tertinggi dipicu kekhawatiran akan perang Iran-Israel. Harga logam mulia itu telah naik ke titik tertinggi sepanjang masa pada hari Jumat (12/4), melonjak di atas USD2.400 per ounce seiring serbuan investor ke aset-aset safe-haven global.

Mengutip Russia Today, harga emas spot naik 2,4% ke rekor tertinggi USD2,431.52 per ounce sebelum kemudian sempat beberapa kali kembali meningkat. Harga emas tercatat naik 4% selama seminggu dan 16% sepanjang tahun ini, melebihi kenaikan 13% yang tercatat sepanjang tahun 2023.



Para analis mengaitkan kenaikan ini dengan permintaan investor terhadap aset-aset safe-haven di tengah ketidakpastian global dan meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah.

Para pejabat AS sejak Jumat telah mengeluarkan peringatan bahwa Iran dapat melancarkan serangan besar-besaran terhadap Israel dalam 24 hingga 48 jam ke depan. Hal itu terbukti setelah Iran Sabtu (13/4) malam meluncurkan puluhan rudal dan drone menargetkan Israel.

"Faktor positif bagi emas lebih besar daripada faktor negatifnya. Meningkatnya ketegangan di Timur Tengah adalah pendorong utama lonjakan harga emas baru-baru ini," ungkap Chris Gaffney, Presiden Pasar Dunia di EverBank, seperti dikutip oleh Reuters.



Kepala analisis pasar di StoneX Financial Ltd., Rhona O'Connell, juga mengatakan bahwa "risiko geopolitik adalah titik tumpu di sini," dan bahwa dalam satu tahun dengan lebih dari 50 pemilu lokal dan nasional, ketegangan yang terus berlanjut di Timur Tengah menambah "bahan bakar lebih lanjut ke dalam api."

Investor biasanya beralih ke emas pada saat ketidakpastian pasar terjadi untuk melindungi nilai risiko dan sebagai penyimpan nilai. Selama ribuan tahun, emas batangan dipandang sebagai aset yang aman selama periode ketidakstabilan ekonomi, krisis pasar saham, konflik militer, dan pandemi.

Logam mulia lainnya juga meningkat, di mana perak naik 4% menjadi USD29,60 per ounce, harga tertinggi sejak awal tahun 2021. Paladium naik 2,7% menjadi USD1.075 dan platinum naik di atas level psikologis utama USD1.000 per ounce ke level tertinggi di tahun ini.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1808 seconds (0.1#10.140)