Sri Mulyani Paparkan Alasan Indonesia Makin Dilirik Investor Asing

Selasa, 08 Januari 2019 - 17:40 WIB
Sri Mulyani Paparkan Alasan Indonesia Makin Dilirik Investor Asing
Sri Mulyani Paparkan Alasan Indonesia Makin Dilirik Investor Asing
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan Indonesia kini dipandang sebagai negara berkembang yang memiliki reputasi baik di tengah ketidakpastian ekonomi global. Oleh karenanya, Ia mengklaim Indonesia dianggap menarik bagi investor asing.

"Kita tutup 2018 dengan pertumbuhan yang baik, inflasi rendah, ekonomi tetap robust. Indonesia dilihat sebagai negara emerging yang besar, growthnya tinggi, stabilitas baik, pihak monetery dan fiskal bekerja sama dengan baik secara pragmatis dan fleksibel. Untuk dunia internasional, itu sesuatu yang impresif," ujar Sri Mulyani di hotel Ritz Carlton Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Di acara yang bertemakan "Meningkatkan Daya Saing untuk mendorong Ekspor" tersebut, Menkeu juga menuturkan salah satu faktor lain yang mendorong pengembangan ekspor yakni mulai terselesaikannya beberapa proyek infrastruktur yang digarap masif oleh pemerintah dalam beberapa tahun terakhir.

"Sudah terbangunnya infrastruktur utamanya di Jawa, maka perbedaan antara Jakarta dan sekitarnya dengan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Timur tidak terlalu besar sehingga opsi para investor menjadi semakin banyak," ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menerangkan Kemenkeu akan terus menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebagai instrumen fiskal dengan aktif, mendengarkan masukan, membuat analisa dan kajian agar mampu membuat kebijakan yang tepat.

"Kami di Kemenkeu yang menjadi penjaga kebijakan fiskal akan coba terus melihat masa depan. Tetapi tetap sambil mengelola masa kini agar Indonesia terus dilihat sebagai negara yang memiliki reputasi baik," tutup Menkeu.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5372 seconds (0.1#10.140)