3 Alasan Microsoft Investasi Rp27 T di RI, Termasuk Negara Komunitas Pengembang Terbesar di Asia

Kamis, 02 Mei 2024 - 15:28 WIB
loading...
3 Alasan Microsoft Investasi Rp27 T di RI, Termasuk Negara Komunitas Pengembang Terbesar di Asia
3 alasan Microsoft berencana investasi Rp27 triliun di Indonesia. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Microsoft investasi di Indonesia sebesar USD 1,7 miliar atau sekitar Rp 27 triliun selama empat tahun ke depan untuk infrastruktur cloud dan AI baru. Tentunya Microsoft memiliki alasan mengapa Indonesia terpilih menjadi tempat mereka berinvestasi sebesar itu. Nilai investasi besar dari Microsoft ini bisa membantu Indonesia mencapai Visi Indonesia Emas 2045 yang dicanangkan pemerintah untuk mengubah negara jadi kekuatan ekonomi global.



Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Dharma Simorangkir, mengungkapkan jika Investasi ini menetapkan tonggak sejarah baru bagi lanskap digital Indonesia. Menurut Dharma, investasi ini dilakukan bertujuan untuk memberdayakan masyarakat Indonesia dengan infrastruktur dan keterampilan yang dibutuhkan di era AI, selaras dengan visi nasional Microsoft untuk kecakapan digital.

Dilansir dari laman News Microsoft, investasi infrastruktur digital ini dibangun berdasarkan inisiatif Microsoft Berdayakan Indonesia (Empower Indonesia) , yang diumumkan pada Februari 2021, untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi inklusif.



Lantas, mengapa Microsoft mau memberikan dana investasi sebesar itu ke Indonesia dan bukan negara lain? Rupanya Indonesia menyimpan beberapa alasan yang membuat Microsoft berkeinginan kuat untuk berinvestasi.

3 Alasan Microsoft Investasi 27 T di Indonesia (H2)

1. Negara Komunitas Pengembang Terbesar Ketiga di Asia Pengguna Produk Microsoft

CEO Microsoft Satya Nadella menyoroti peran penting pengembang dalam memanfaatkan AI untuk memenuhi potensi Indonesia sebagai ekonomi digital.

Lebih dari 3,1 juta pengembang di Indonesia menggunakan GitHub, platform pengembangan, kolaborasi, dan inovasi perangkat lunak milik Microsoft. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai rumah bagi komunitas pengembang terbesar ketiga di GitHub di kawasan Asia-Pasifik, setelah India dan Tiongkok.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)