alexametrics

Pengembangan SDM Urgen, Kepala Bappenas Sebut Produktivitas RI Rendah

loading...
Pengembangan SDM Urgen, Kepala Bappenas Sebut Produktivitas RI Rendah
Kepala Bappenas Bambang Brodjo mengatakan, pengembangan SDM Tanah Air harus dilakukan segara, lantaran produktivitas RI terbilang rendah di ASEAN. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi fokus utama pemerintah di tahun 2019 setelah menggenjot pembangunan proyek infrastruktur secara masif. Menurut Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro pengembangan SDM Tanah Air harus dilakukan segara.

Pasalnya dia mencatat produktivitas SDM di Indonesia masih rendah dibandingkan negara lain. "Hal pertama yang harus diperhatikan itu adalah produktivitas, produktivitas Indonesia pertama relatif rendah dibandingkan negara lain, atau negara ASEAN lainnya,” ujar Bambang di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Lebih lanjut, terang dia pengembangan bisa dilakukan dengan memberikan keterampilan khusus kepada masyarakat serta kemitraan dengan para pelaku usaha. Atau peningkatan vokasi yang memiliki peran penting dalam menghadapi revolusi industri 4.0.



“Kemitraan antara pengusaha besar dengan masyarakat akan memberikan kepastian pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan. Selain itu, link and match antara pendidikan dengan dunia usaha pun harus segera ditekankan oleh pemerintah. Agar, kebutuhan dunia kerja bisa terpenuhi dengan cepat,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, akan terus menggunakan kebijakan fiskal guna menjadikan SDM tanah air berkualitas tinggi.

"Bahwa presiden Jokowi sekarang betul-betul memusatkan bagaimana kita perlu untuk meningkatkan kualitas SDM itu, karena memang disadari tidak hanya bahwa pembangunan intinya adalah manusia,” tandasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak