alexametrics

Sinar Mas Kucurkan Rp7 Miliar Bangun Lab MIPA UI

loading...
Sinar Mas Kucurkan Rp7 Miliar Bangun Lab MIPA UI
Sinar Mas memberikan bantuan dana sebesar Rp7 miliar untuk peralatan laboratorium FMIPA UI dengan harapan akan memperkuat budaya penelitian di kampus. Foto/Neneng
A+ A-
DEPOK - Sinar Mas memberikan bantuan dana sebesar Rp7 miliar untuk peralatan laboratorium FMIPA UI. Bantuan ini diharapkan akan memperkuat budaya penelitian di kampus. Operasional penggunaan Laboratorium Riset Multidisiplin Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia (UI) akhirnya diresmikan dalam rangkaian acara puncak Dies Natalis ke-58 FMIPA UI, di kampus UI Depok.

Fasilitas peralatan laboratorium FMIPA UI didukung penuh oleh Sinar Mas Group yang telah mengucurkan dana Rp7 miliar. Membangun budaya riset terapan melalui sinergi lintas sektor, menurut Managing Director Sinar Mas Saleh Husin, melatarbelakangi kemitraan pihaknya dengan FMIPA UI.

“Kami meyakini kerja sama semacam ini akan semakin memperkuat budaya penelitian dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat luas, termasuk sektor industri,” kata Saleh Husin saat mendampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dalam peresmian penggunaan fasilitas laboratorium FMIPA UI di kampus UI Depok.



Turut hadir dalam peresmian antara lain Direktur Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti Muhammad Dimyati dan Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Bambang Wibawarta.

Sinar Mas melalui pilar bisnisnya, Asia Pulp & Paper Sinar Mas, berkontribusi senilai Rp7 miliar guna melengkapi seluruh peralatan dan perabotan di ruang aula, seminar, ruang peneliti, kantor manajemen. Serta peralatan di sejumlah ruang laboratorium, yakni high performance computing, remote sensing, geographic information system, geophysics, geology, nano science, dan laboratorium biological conservation, yang menjadi bagian dari Laboratorium Riset Multidisplin FMIPA UI.

Dalam kegiatan Dies Natalis bertajuk Science and Innovation in Industry 4.0: Reinventing The Human Capital ini, Saleh mengatakan, kemitraan swasta dengan perguruan tinggi sejalan dengan upaya pemerintah memperkuat riset kolaboratif lintas sektor. Sinar Mas berkomitmen untuk terus melakukan kolaborasi riset. "Hasilnya bagi kami akan sangat bermanfaat, di antaranya guna pengembangan industri pulp dan kertas serta perkebunan kelapa sawit berkelanjutan,” lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, berlangsung pula kegiatan FMIPA UI Science Expo di mana APP Sinar Mas bersama Sinar Mas Agribusiness & Foods menghadirkan anjungan berisikan ragam inisiatif bisnis berkelanjutan, termasuk program corporate social responsibility.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak