Pembangunan Infrastruktur untuk Tingkatkan Ekonomi Bukan Hobi Presiden

Rabu, 23 Januari 2019 - 23:42 WIB
Pembangunan Infrastruktur untuk Tingkatkan Ekonomi Bukan Hobi Presiden
Pembangunan Infrastruktur untuk Tingkatkan Ekonomi Bukan Hobi Presiden
A A A
JAKARTA - Pembangunan infrastruktur yang marak dilakukan oleh Pemerintahan Joko Widodo ditanggapi skeptis oleh sebagian kalangan. Mereka mengkritik pembangunan infrastruktur merupakan hobi dari Presiden Jokowi.

Terkait ini, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyatakan tidak suka dengan kritikan bahwa pembangunan infrastruktur merupakan hobi Presiden. Menurut dia, pembangunan infrastruktur adalah sangat penting untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.

"Kita banyak membangun infrastruktur itu bukan karena Pak Jokowi atau hobi. Pembangunan infrastruktur itu rencana strategis untuk meningkatkan ekonomi Indonesia," tegas Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (23/1/2019).

Sri Mulyani menambahkan, pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia. Dan sambung dia, dirinya sudah menghitung proyek infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Hal itu sudah sejalan dengan APBN yang kita susun, termasuk pembangunan infrastruktur," katanya.

Selain itu, Indonesia berada dalam golongan masyarakat pendapatan kelas menengah. Jangan sampai terjadi middle income trap, dimana membuat terjadinya arus migrasi dari desa ke ibu kota. Arus migrasi dari desa ke ibu kota menjadi tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini dan mendatang.

"Pulau Jawa akan berdesak-desakan karena jebakan kelas menengah (middle income trap), dimana masyarakat pedesaan memilih pindah dan tinggal di perkotaan. Kita sudah prediksi ini dari sekarang, untuk menghadapi tantangan mendatang. Maka itu perlu membangun dan pemerataan infrastruktur dari sisi jangka panjang," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7599 seconds (0.1#10.140)