Halo Gaes! Mulai Oktober, Tukar Duit Baru Rp75.000 Bisa di Bank Mandiri Lho..

Rabu, 19 Agustus 2020 - 14:29 WIB
loading...
Halo Gaes! Mulai Oktober, Tukar Duit Baru Rp75.000 Bisa di Bank Mandiri Lho..
Bank Mandiri siapkan kantor cabang buat penukaran uang baru pecahan Rp75.000 . Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) baru saja menerbitkan uang baru pecahan Rp 75.000 bertepatan dengan HUT RI ke-75 pada Senin (17/8) kemarin. Tidak perlu bayar mahal di marketplace, masyarakat bisa menukar di Bank Mandiri.

Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Hery Gurnadi mengatakan, pihaknya menyediakan layanan penukaran uang baru pecahan Rp75.000 tersebut. Di mana, Bank Mandiri telah menyiapkan 408 kantor cabang yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Meski demikian, saat ini pihak Bank Mandiri belum menyediakan layanan penukaran hanya dapat dilakukan pada Oktober 2020 mendatang.

"Jadi sekarang belum bisa datang ke cabang. Nanti setelah tanggal 31 September, bisa datang ke cabang," kata Hery, Jakarta, Rabu (19/8/2020).



Menurut dia penukaran uang baru Rp75.000 di Bank Mandiri sesuai dengan pesanan masyarakat. Uang yang dipesan akan dikumpulkan oleh pihak Bank Mandiri dan selanjutnya akan dipesan ke BI sesuai dengan minat atau pesanan masyarakat tersebut. Sementara itu, untuk masyarakat yang berminat melakukan penukaran unag pecahan Rp75.000, dapat melalui pemesanan di portal https://pintar.bi.go.id . "Penjatahan itu sesuai dengan minat dan keinginan para nasabah yang ingin menukar. Nanti dikumpulkan dulu minatnya, kemudian Bank Mandiri akan minta ke Bank Indonesia sesuai dengan jatah yang diperlukan," kata dia.

Sebelumnya, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, proses penukaran dan pengedaran dilakukan di Kantor Pusat BI dan 45 Kantor Perwakilan Dalan Negeri Bank Indonesia terhitung mulai 18 Agustus 2020 hingga 30 September 2020. Bahkan, Bank Indonesia telah menunjuk lima Bank umum yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB Niaga untuk melayani penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI oleh masyarakat.



BI menilai, penunjukkan bank umum tersebut dikarenakan bank umum tersebut memiliki jaringan kantor cabang di seluruh wilayah Indonesia, sehingga jangkauan layanan penukaran UPK 75 Tahun RI kepada masyarakat diharapkan dapat lebih luas dan merata. "Cabang bank umum sebagai lokasi penukaran UPK 75 Tahun RI dapat dilihat dalam menu aplikasi saat memilih lokasi penukaran," ujarnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)