Israel Diperingatkan, Pisahkan Palestina dari Perbankan Global akan Jadi Bencana Ekonomi

Kamis, 23 Mei 2024 - 19:54 WIB
loading...
Israel Diperingatkan, Pisahkan Palestina dari Perbankan Global akan Jadi Bencana Ekonomi
Israel diperingatkan terkait dampak dari memutuskan hubungan bank-bank Palestina dengan sistem perbankan global. Para pejabat Barat mengingatkan, soal ancaman bencana ekonomi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Israel diperingatkan terkait dampak dari memutuskan hubungan bank-bank Palestina dengan sistem perbankan global . Para pejabat Barat mengingatkan, soal ancaman bencana ekonomi di Tepi Barat, jika Israel tidak memperpanjang keringanan perbankan yang penting bagi Otoritas Palestina (PA).



Hal ini dilaporkan oleh Financial Times pada, Rabu (22/5) kemarin. Pengabaian perlindungan yang dikeluarkan setiap tahun, menjadi andalah buat bank-bank Israel untuk menjaga hubungan dengan bank-bank Palestina, akan tetapi hal itu akan berakhir pada tanggal 1 Juli.

Pengabaian ini memungkinkan pembayaran untuk layanan penting dan gaji yang terkait dengan Otoritas Palestina dan memfasilitasi impor makanan, air, dan listrik ke wilayah pendudukan wilayah Palestina.



Tiga pejabat Barat mengatakan kepada FT, bahwa tanpa pengecualian tersebut, bank-bank Israel akan menghentikan transaksi dengan lembaga-lembaga keuangan Palestina, sehingga sangat menghambat kemampuan PA untuk beroperasi dan melumpuhkan aktivitas ekonomi di Tepi Barat yang diduduki.

Tidak memperbarui pengecualian tersebut “akan merugikan tidak hanya kepentingan Palestina, tetapi juga keamanan dan stabilitas Israel dan kawasan,” kata seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya.

“Poin yang kami sampaikan… adalah Anda tidak boleh mengancam akses masyarakat terhadap makanan, listrik, dan air pada saat seperti ini, terutama di Tepi Barat,” tambah orang tersebut.

Sebagian besar transaksi di Palestina menggunakan syikal Israel, sementara lembaga keuangan di wilayah kantong tersebut seharusnya menggunakan Bank Israel dan bank-bank negara Yahudi untuk mengakses mata uang tersebut.

Menurut data pemerintah AS, yang dikutip oleh FT, hampir USD8 miliar perdagangan antara Israel dan Tepi Barat melewati jalur ini setiap tahunnya. Jumlah ini mencakup USD2,3 miliar untuk pembayaran makanan, USD540 juta untuk listrik, dan USD145 juta untuk layanan air dan limbah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)