Penyerapan Pembiayaan UMi Masih Minim di Gorontalo

Jum'at, 01 Maret 2019 - 20:41 WIB
Penyerapan Pembiayaan UMi Masih Minim di Gorontalo
Penyerapan Pembiayaan UMi Masih Minim di Gorontalo
A A A
GORONTALO - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menjelaskan, program Ultra Mikro (Umi) yang dikucurkan tahun 2017 lalu dengan menyasar pelaku usaha kecil, sudah dianggarkan Rp7 triliun oleh pemerintah. Dari total anggaran Rp7 triliun yang saat ini terserap di tingkat UKM baru sebesar Rp2 triliun.

Sementara UKM penerima UMi di Gorontalo sendiri masih relatif sedikit yakni sejumlah 273 orang dengan serapan anggaran Rp1,89 miliar. “Ulta mikro anggaran APBN yang dikelola Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sebesar Rp7 triliun. 2017 Rp1,5 triliun, kita tambah Rp2,5 trilun tahun 2018, dan tahun 2019 kita tambah Rp3 trilun. Pembiayaannya disalurkan melalui lembaga lembaga yang punya kapsitas seperti PT Pegadaian, PNM, BAP,” jelas Menkeu Sri Mulyani di Kota Gorontalo, Jumat (1/3/2019).

Hal ini disampaikan saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Provinsi Gorontalo yang diawali dengan mendatangi Pasar Sentral, Kota Gorontalo. Didampingi Gubernur Rusli Habibie, Jokowi menyalami para pedagang dan masyarakat yang sudah menunggu di lokasi.

Presiden Jokowi berpesan agar kredit usaha maksimal Rp10 juta itu harus dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha kecil. Jokowi mengingatkan bahwa pinjaman harus bisa diangsur dengan keuntungan yang diperoleh oleh para kreditur.

“Dipinjamkan kepada ibu bapak sekalian untuk bisa meningkatkan omset yang ibu bapak jual. Namanya uang pinjaman harus nyicil harus ngangsur. Hati hati ini pinjaman looh, harus disiplin (bayarnya), kerja keras dan jujur,” pesan Jokowi.

Melalui kredit UMi diharapkan usaha UKM bisa berkembang. Jika usaha berkembang, maka UKM diarahkan untuk mencari pinjaman modal melalui program lain seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan nilai pinjaman yang lebih besar.

“Kalo yang namanya pinjem itu harus sudah punya perencanaan dipakai untuk apa. Jangan nanti sudah dapat uangnya baru dicari-cari. Ada pakaian bagus yaa? Beli.. Ada yang nawarin sepeda motor, Beli..,” imbuh Jokowi dengan nada bercanda.

Program Ultra Mikro atau kerab disebut UMi, menurut Gubernur Gorontalo Rusli Habibie turut mendidik pelaku UKM Gorontalo menjadi mandiri. Artinya, mandiri dalam mengelola keuangan usaha sendiri, supaya bisa memberikan kesejahteraan terhadap usaha mereka.

"Kami Pemerintah Provinsi Gorontalo berharap, bantuan tambahan modal yang diberikan Pemerintah Pusat melalui Program Kebijakan UMi, dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku usaha kecil dan mikro," ujar Gubernur Gorontalo.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7705 seconds (0.1#10.140)