Menkeu Akui Target Penerimaan Pajak Rp1.786 Triliun Sangat Sulit

Minggu, 03 Maret 2019 - 14:01 WIB
Menkeu Akui Target Penerimaan Pajak Rp1.786 Triliun Sangat Sulit
Menkeu Akui Target Penerimaan Pajak Rp1.786 Triliun Sangat Sulit
A A A
JAKARTA - Pemerintah menargetkan penerimaan pajak tahun ini mencapai Rp1.786 triliun. Hal ini sesuai Undang-Undang (UU) Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019 yang telah ditetapkan.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengakui, target penerimaan pajak sebesar Rp1.786 triliun tersebut akan sangat berat untuk dicapai. Kendati demikian, tegas dia, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan terus melakukan berbagai langkah agar penerimaan pajak bisa sesuai target.

"Kami menerima target pajak untuk tahun ini sesuai dengan UU APBN ini mencapai Rp1.786 triliun. Ini target yang berat. Namun kita akan melakukannya secara berhati-hati," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Minggu (3/3/2019).

Dia mengatakan, Kemenkeu akan terus melakukan edukasi dan meningkatkan pelayanan agar penerimanaan pajak bisa terlaksana sesuai target. "Untuk menerima pajak kita juga memberikan edukasi dan meningkatkan pelayanan baik. Insentif pajak di suatu sisi juga adalah merupakan alat berbagi masyarakat. Tugas ini secara hati-hati dan bertanggung jawab dan menjaga integritas jajaran dan sistemnya," katanya.

Selain itu, pihaknya akan terus memperbakia e-filling agar kepatuhan wajib pajak bisa sesuai target. Menkeu menargetkan kepatuhan pajak tahun ini mencapai 85%, meningkat dibandingkan tahun lalu yang mencapai 71%.

"Kami berharap tingkat kepatuhan pajak meningkat dan tidak ada kendala karena kemudahan terus kita perbaiki. Tahun ini (target kepatuhan) 85% dengan teknologi yang semakin mudah masyarakat tidak ada alasan untuk tidak memenuhi kepatuhan atas pajak," tandasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2674 seconds (0.1#10.140)