Pelopori ESG di Korsel, KBFG Terus Salurkan Kredit Hijau Lewat KB Bank

Rabu, 05 Juni 2024 - 10:22 WIB
loading...
Pelopori ESG di Korsel,...
KB Bank gencar menyalurkan kredit hijau sebagai salah satu bentuk implementasi nilai ESG. (Foto: dok KB Bank)
A A A
JAKARTA - PT Bank KB Bukopin (Tbk) terus aktif melakukan prinsip-prinsip environmental, social and governance (ESG) dalam rangka mewujudkan target net zero emission (NZE). Sebagai unit usaha dari KB Financial Group (KBFG) yang merupakan pelopor ESG di Korea Selatan, KB Bank meneruskan jejak tersebut dengan menerapkan ESG dalam proses bisnis dan kegiatan operasionalnya.

Wakil Direktur Utama Bank KB Bukopin Robby Mondong mengatakan, keterlibatan perusahaan dalam menerapkan prinsip-prinsip ESG tentunya dapat membawa berbagai dampak positif. Tak terkecuali, mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya ekosistem ekonomi hijau.

“Kami percaya dengan ikut aktif dalam pembiayaan berbasis ESG, dapat memberikan dorongan untuk mendukung transisi Indonesia menuju ekonomi berkelanjutan, mendorong inovasi teknologi dan menciptakan lapangan kerja baru di sektor ini,” tuturnya.

KB Financial Group Pelopor ESG di Korea Selatan

KBFG merupakan salah satu perusahaan keuangan yang pertama kali menjalankan prinsip ESG di Korea Selatan (Korsel). Tak heran, KBFG juga berhasil masuk anggota Carbon Management Honors Club yang disusun oleh Carbon Disclosure Project (CDP). Raksasa bisnis Korsel ini memiliki tiga program besar dalam menerapkan strategi ESG:

1. KB Green Wave 2030

Bertujuan untuk meningkatkan produk, investasi dan pinjaman ESG hingga mencapai 50 triliun Won pada 2030. Selain itu, KBFG juga menargetkan produk, investasi dan pinjaman terkait lingkungan mencapai 25 triliun won di 2030.

2. Net Zero S.T.A.R

KBFG menargetkan emisi internal bisa berkurang 42 persen pada 2030 dan mencapai nol di 2040. Sementara emisi pembiayaan berkurang 33,3 persen di 2030 dan mencapai nol di 2050.

3. KB Diversity 2027
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)