Tekan Limbah dan Emisi Karbon, Mowilex Luncurkan Cat Daur Ulang

Rabu, 05 Juni 2024 - 10:03 WIB
loading...
Tekan Limbah dan Emisi Karbon, Mowilex Luncurkan Cat Daur Ulang
Mowilex Indonesia berkomitmen untuk mengurangi jejak karbon dalam setiap kemasan cat. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Mowilex Indonesia meluncurkan cat Mowilex Recycled , dengan menggunakan kembali cat premium yang tidak terpakai dan akan berpotensi menjadi limbah hingga 40% per kemasan. Melalui inisiatif ini, perusahaan mampu memangkas jejak karbon hingga 60% pada setiap kemasan cat berukuran 2,5 liter.

Pemangkasan karbon tersebut terjadi dengan pengurangan rangkaian produksi; yaitu mengurangi penggunaan air dan pengurangan energi pada mesin produksi dan juga turut mengurangi potensi limbah. Dalam keterangan resminya, PT Mowilex menjelaskan bahwa proses produksi cat daur ulang itu dimulai dengan memilih stok cat premium dengan warna-warna yang sudah tidak diproduksi kembali dan investaris yang tidak terpakai yang mungkin sudah tua, kering atau dalam kaleng yang penyok.

Persediaan yang sudah tidak sesuai spesifikasi yang biasanya akan dimusnahkan, dievaluasi ulang, dirawat dan formulasinya diperbaiki dan diproduksi dengan standar tinggi yang sama dengan formula cat Mowilex lainnya untuk menciptakan Mowilex Recycled. Dengan begitu, kendati diproses ulang, secara kualitas produk tersebut telah teruji.

Baca Juga: Cat Eksterior Anti Cuaca Ektrem Tropis dengan Quartz Technology Pilihan Raffi Ahmad

Cat Mowilex Recycled memiliki kadar VOC yang rendah dan tersedia dalam delapan warna pastel yang digemari dan populer dengan hasil akhir matte yang mewah. Cat ini diformulasikan untuk bisa digunakan pada area interior dan area eksterior yang tidak terkena sinar matahari langsung.

"Mendaur ulang cat mengurangi dampak lingkungan dan bermanfaat bagi masyarakat. Proses ini juga mengurangi kebutuhan bahan baku baru dan membutuhkan lebih sedikit energi untuk ekstraksi dan produksi. Sebagai contoh, dengan menggunakan kembali produk cat premium yang sudah ada untuk Mowilex Recycled, perusahaan menghemat hingga 8% air bersih berdasarkan volume, untuk setiap galon cat daur ulang," ungkap CEO Mowilex Indonesia Niko Safavi dalam keterangan pers yang diterima, Rabu (5/6/2024).

Penelitian menunjukkan bahwa mendaur ulang satu liter cat dapat menghemat sekitar 26 kWh energi dan mencegah 14 kg CO2 dari udara. Keseluruhan jejak karbon dari Mowilex Recycled berkurang hingga 60% dibandingkan dengan produk cat yang memiliki kualitas dan formulasi yang sama.



Dengan mengambil kembali dan memproses ulang titanium dioksida dan komponen lainnya dari persediaan cat yang tidak terpakai yang biasanya akan dibuang dan dihancurkan ke pembuangan limbah, perusahaan meminimalkan ekstraksi dan pembuatan bahan baku murni yang intensif energi. Memproduksi cat Mowilex Recycled dengan bahan dari cat premium yang telah diolah dan belum dipakai sukses mengurangi jejak karbon dan potensi limbah.

"Karena Mowilex mengeliminasi potensi pemborosan dengan pendekatan produksi yang berfokus pada efisiensi material ini, artinya kami juga mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) 12 dari PBB. SDG 12 mendorong konsumsi dan produksi yang berkelanjutan. Targetnya termasuk mencegah atau meminimalkan timbulan limbah berbahaya sebagai bagian dari pendekatan yang lebih bersih dan terintegrasi terhadap keseluruhan produksi, dan mengurangi atau menghilangkan perpindahan limbah berbahaya lintas batas," tambah Niko.

Dia menambahkan, selaim mengurangi dampak lingkungan, cat Mowilex Recycled ini juga memiliki kelebihan berupa harga yang sangat menarik, yang memungkinkan konsumen menikmati harga yang terjangkau dengan kualitas premium.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7089 seconds (0.1#10.140)