Trimegah Sekuritas Kolaborasi Tingkatkan Literasi Pasar Modal

Rabu, 05 Juni 2024 - 23:24 WIB
loading...
Trimegah Sekuritas Kolaborasi Tingkatkan Literasi Pasar Modal
PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (Trimegah) berkolaborasi dengan Ikatan Alumni Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (IA SBM-ITB). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dalam rangka mewujudkan misi 'Educate and create wealth for community through unique and professional investment experience', PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (Trimegah) berkolaborasi dengan Ikatan Alumni Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (IA SBM-ITB). Kolaborasi strategis ini sekaligus mendukung salah satu misi IA SBM-ITB yaitu mewujudkan pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning).

"Poin utama kerja sama ini adalah edukasi dan literasi pasar modal bagi anggota IA SBM-ITB. Dalam kerja sama ini, Trimegah juga akan mendukung berbagai kegiatan lain yang dilakukan IA SMB-ITB guna memberi dampak positif bagi anggota, almamater maupun masyarakat secara luas. Hal ini mempertegas komitmen Trimegah untuk meningkatkan edukasi dan literasi pasar modal untuk semua kalangan," kata Direktur Utama Trimegah Sekuritas, Philmon Tanuri, di Jakarta, Rabu (5/6/2024).



Menurut data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), jumlah investor pasar modal pada Desember tahun 2023 mencapai 12,17 juta atau meningkat 18,01% dibanding tahun 2022. Meski jumlah investor mengalami peningkatan, namun tingkat literasi dan inklusi di pasar modal masih relatif rendah. Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022 yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat literasi keuangan di pasar modal baru mencapai 4,11%, dan tingkat inklusi keuangan di pasar modal sebesar 5,19%.

Oleh karena itu, inisiatif kolaborasi antara para pelaku usaha di sektor keuangan menjadi sangat penting dilakukan. Melalui program edukasi dan literasi pasar modal yang terstruktur dan berkelanjutan, diharapkan semakin banyak masyarakat yang dapat memahami dan memanfaatkan peluang investasi di pasar modal, sehingga kontribusi sektor ini terhadap perekonomian nasional dapat terus ditingkatkan.



Kegiatan literasi dan edukasi investasi ini juga dilakukan untuk mendukung rencana peluncuran produk reksa dana endowment Trimegah Bakti Ganesha Abadi yang akan memberikan manfaat positif bagi proses pendidikan di almamater ITB.

“IA SBM-ITB merupakan salah satu ikatan alumni mahasiswa bisnis terbesar di Indonesia, yang menaungi alumni SBM-ITB yang tersebar di seluruh Indonesia. Kami percaya kolaborasi dengan Trimegah yang dimulai pada hari ini dapat mendukung visi misi kami untuk menjadi organisasi alumni sekolah bisnis yang terbaik di Asia Tenggara,” ujar Novrizal Pratama, Ketua Umum IA SBM-ITB.

IA SBM-ITB memiliki misi untuk meningkatkan hubungan jejaring antar-alumni, mendorong pengembangan teknologi berkelanjutan, dan mewujudkan pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning). Pencapaian misi tersebut dilakukan secara konsisten melalui Program 3C (Create, Connect and Collaborate) yang menjadi agenda utama dari IA SBM-ITB.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2401 seconds (0.1#10.140)