Sisi Positif Undang Investasi Asing Versi TKN Jokowi-Amin

Rabu, 10 April 2019 - 20:52 WIB
Sisi Positif Undang Investasi Asing Versi TKN Jokowi-Amin
Sisi Positif Undang Investasi Asing Versi TKN Jokowi-Amin
A A A
JAKARTA - Kritik keras terkait kucuran investasi asing yang semakin deras masuk ke Indonesia dinilai berpotensi picu krisi, dijawab oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan memaparkan sisi positif dari pemanfaatan dana asing. Diterangkan setidaknya terdapat tiga keuntungan bagi Indonesia jika FDI atau investasi asing dari luar negeri ditingkatkan.

Juru Bicara TKN Jokowi-Amin yakni Arif Budimanta menjelaskan, efek positifnya yakni mampu meningkatkan devisa yang cukup besar. "Pertama investasi dalam rangka untuk mendatangkan devisa. In the middle atau in the long term. Kedua, menciptakan lapangan kerja yang banyak. Sedangkan ketiga, melibatkan usaha kecil dan menengah dalam konteks usahanya secara keseluruhan," ujar Arif Budimanta di Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Menurutnya menarik investasi asing masuk ke Indonesia merupakan strategi jangka panjang dalam rangka memperbaiki defisit transaksi berjalan atau current account deficit. "Ini adalah upaya dalam rangka jangka panjang untuk perbaiki current account kita yang sejak awal sudah dipahami. Ini prosesnya panjang bukan datang tiba-tiba," jelasnya.

Investasi akan digenjot untuk dapat menghasilkan devisa yang lebih besar. Bersamaan dengan ini, pemerintahan nantinya juga akan fokus bergerak menciptakan substitusi impor dengan demikian tidak banyak devisa yang keluar dari dalam negeri.

Dia pun menegaskan transformasi akan dilakukann oleh Jokowi-Maaruf Amin demi memperkokoh fundamental ekonomi Indonesia. "Perkokoh ke infrastruktur dengan ongkos logistic murah. Inflaasi dan tingkat kenaikan harga lebih stabil," terang dia.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6116 seconds (0.1#10.140)