Ini Daftar Jalan Tol yang Bisa Digunakan Saat Mudik Lebaran

Sabtu, 20 April 2019 - 07:38 WIB
Ini Daftar Jalan Tol yang Bisa Digunakan Saat Mudik Lebaran
Ini Daftar Jalan Tol yang Bisa Digunakan Saat Mudik Lebaran
A A A
JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) mencatat ada beberapa ruas tol yang bisa digunakan secara fungsional saat musim mudik Lebaran nanti. Beberapa ruas tol fungsional tersebut tersebar di berbagai pulau di Indonesia.

Corporate Communications Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti, menerangkan salah satu yang sudah bisa dilewati saat musim mudik Lebaran ini adalah Jalan Tol Manado-Bitung seksi I segmen Air Madidi-Watudambo sepanjang 12 kilometer (km).

Jalan Tol Manado-Bitung terbagi dari 2 seksi, yakni Seksi I Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 14 km. Sementara, Seksi II Air Madidi-Bitung memiliki panjang 14 kilometer.

Apalagi, jalan tol ini memiliki 5 Simpang Susun (SS), yaitu SS Sukur, SS Air Madidi, SS Kauditan, SS Danowudu, dan SS Bitung.

Berdasarkan target terakhir, Seksi I Tol Manado-Bitung akan dioperasikan pada Mei 2019, sementara Seksi II Tol Manado-Bitung pada Desember 2019.

"Seperti Tol Manado Bitung Segmen Air Madidi-Watudambo sepanjang 12 km," ujar Irra di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Di Pulau Kalimantan ada jalan tol Balikpapan-Samarinda. Namun yang akan beroperasi sendiri baru sekitar 57 km, yang menghubungkan dari Samboja hingga Samarinda.

Sebagai gambaran, jalan tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 99,35 km. Jalan tol ini akan menghubungkan Kota Balikpapan dan Kota Samarinda.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda terdiri atas lima seksi. Seksi 1 mulai dari Km 13 hingga Samboja sepanjang 22,025 km.

Seksi 2 dari Samboja hingga Muara Jawa sepanjang 30,975 km. Seksi 3 dari Muara Jawa hingga Palaran sepanjang 17,30 km.

Seksi 4 dari Palaran hingga Jembatan Mahkota II sepanjang 17,550 km. Seksi 5 dari Km 13 hingga Bandara Sepinggan sepanjang 11,50 km.

"Tol Balikpapan-Samarinda Segmen Samboja-Samarinda sepanjang 57 km, itu beberapa tol yang bisa digunakan," katanya.

Kemudian untuk di Pulau Sumatera, ada jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Ruas tol yang bisa digunakan secara fungsional saat mudik Lebaran, menghubungkan dari Sei Rampah-Tebing Tinggi yang mencapai 9,3 km.

Sementara itu, di Jawa Timur ada jalan tol Pandaan-Malang ruas Pandaan-Singosari. Kemudian ada juga tol Pasuruan Probolinggo ruas Grati-Probolinggo Timur sepanjang 31,3 km.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0892 seconds (0.1#10.140)