Faisal Basri Sarankan BUMN Banyak Gandeng Swasta

Sabtu, 27 April 2019 - 20:18 WIB
Faisal Basri Sarankan BUMN Banyak Gandeng Swasta
Faisal Basri Sarankan BUMN Banyak Gandeng Swasta
A A A
JAKARTA - Ekonom Faisal Basri menilai kinerja Badan Usaha Milik Negada (BUMN) masih belum optimal, ketika ada beberapa perusahaan pelat merah masih merugi. Solusinya terang dia menyebutkan, BUMN harus menggandeng pihak swasta agar tidak membebani keuangan beberapa perusahaan BUMN dalam membangun infrastruktur.

"Idealnya ada harmonisasi kerja antara BUMN dan Swasta. Hal itu akan sangat membantu," ujar Ekonom Faisal Basri dalam sebuah diskusi bertajuk Kepastian Hukum Investasi Antara BUMN dengan Swasta di Jakarta, Sabtu (27/4/2019).

Sambung dia menambahkan, Indonesia sebagai negara berkembang diyakini masih belum mampu untuk memenuhi kebutuhan pembangunan semuanya hanya dengan mengandalkan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). "Pemerintah perlu melibatkan swasta, khususnya untuk menambal kekurangan pembiayaan," jelasnya.

Untuk itu Faisal Basri mengungkapkan, Pemerintah dan BUMN perlu membangun iklim investasi yang kondusif, mendukung serta melindungi para investor. Salah satunya menyusun tiga rencana pembangunan yang saling terkait satu dengan yang lain demi mencapai target pembangunan terhadap sektor ekonomi dan sosial.

"Rencana pembangunan yang telah disusun pun beragam, mulai dari sisi infrastruktur, kedaulatan pangan, hingga pemanfaatan sumber daya alam dan manusia," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6204 seconds (0.1#10.140)