4 Direktur Bank Dunia dari Indonesia, Ini Profil Lengkapnya

Rabu, 26 Juni 2024 - 08:05 WIB
loading...
4 Direktur Bank Dunia dari Indonesia, Ini Profil Lengkapnya
4 orang Indonesia ternyata pernah menduduki posisi strategis dalam Bank Dunia yang merupakan, salah satu sumber pendanaan terbesar di dunia untuk negara-negara berkembang. Ini profil lengkapnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - 4 orang Indonesia ternyata pernah menduduki posisi strategis dalam Bank Dunia yang merupakan, salah satu sumber pendanaan terbesar di dunia untuk negara- negara berkembang . Tercatat ada 4 orang Indonesia yang pernah menjadi direktur World Bank .



Mereka terpilih berdasarkan prestasi dalam bidang ekonomi yang dimilikinya. Sejauh ini ada 2 Srikandi Indonesia yang pernah menjadi bagian dari lembaga keuangan internasional tersebut.

4 Direktur Bank Dunia asal Indonesia:

1. Sri Mulyani


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sempat menduduki posisi Direktur Pelaksana sekaligus Chief Operating Officer di Bank Dunia, dari 2010 hingga 2016. Sri Mulyani saat itu bertanggung jawab atas operasional Bank Dunia di seluruh dunia.



Dikutip dari laman resmi Bank Dunia, tugas Sri Mulyani adalah menjalin kerja sama dengan negara-negara klien dan negara-negara anggota untuk menempatkan strategi operasional yang sesuai guna mengatasi tantangan pembangunan baru.

4 Direktur Bank Dunia dari Indonesia, Ini Profil Lengkapnya


Semua itu dalam upaya mendukung tujuan Bank Dunia untuk mengakhiri kemiskinan dan mendorong kesejahteraan bersama. Sri Mulyani atau yang biasa disapa Ani itu juga memimpin Dewan Penasehat Kelompok Bank Dunia terkait Gender dan Pembangunan.

Sri Mulyani bertugas menyatukan para pemimpin global dan ahli tentang isu-isu gender, termasuk dari sektor swasta. Ditambah serta Ia juga bertanggung jawab atas arahan strategis dan kerangka kebijakan Dana untuk Masyarakat Termiskin (Dana for the Poorest), IDA, yang merupakan salah satu sumber bantuan terbesar bagi 77 negara termiskin di dunia.

Sebelum bergabung dengan Bank Dunia pada bulan Juni 2010, Sri Mulyani menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia selain menjadi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Jabatan sebelumnya yang pernah dijabatnya antara lain Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

Ia juga pernah menjabat Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional, staf pengajar di Universitas Indonesia, dan profesor tamu di Andrew Young School of Public Policy di Georgia State University. Indrawati meraih gelar doktor bidang ekonomi dari University of Illinois dan gelar sarjana ekonomi dari Universitas Indonesia.

Sri Mulyani mengakhiri tugasnya di Bank Dunia pada 2016 lalu saat diminta kembali menjabat sebagai menteri keuangan oleh Presiden Joko Widodo.

Sri Mulyani sempat menjadi salah satu dari 100 wanita yang masuk daftar The World's 100 Most Powerful Women 2019 versi majalah Forbes, menduduki posisi 76 dalam daftar. Setahun sebelumnya, ia juga mendapat penghargaan Menteri Terbaik dalam World Government Summit.

2. Mari Elka Pangestu


Setelah Sri Mulyani, selanjutnya ada Mari Elka Pangestu yang pada 2020 ditunjuk menjadi Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia. Keahlian Mari Elka di bidang manajemen diakui oleh lembaga keuangan yang berpusat di New York tersebut.

Sebelum menjadi Direktur Bank Dunia, jabatan yang pernah diemban oleh Mari Elka Pangestu adalah menjadi seorang Menteri Perdagangan dan pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia mulai dari tahun 2011 sampai dengan 2014.

4 Direktur Bank Dunia dari Indonesia, Ini Profil Lengkapnya
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0874 seconds (0.1#10.140)