10 Alasan Harga Barang Impor dari China Lebih Murah Ketimbang Buatan Lokal Indonesia

Rabu, 26 Juni 2024 - 15:35 WIB
loading...
A A A
Selain itu, penegakan hukum hak cipta yang kurang ketat di China memungkinkan produsen meniru produk populer dengan biaya yang lebih rendah, yang juga dapat menurunkan harga jual produk.

4. Tidak Dikenakan Pajak Ekspor

Beberapa produk tertentu di China tidak dikenakan pajak ekspor. Ini berarti produsen dapat menjual barang mereka ke pasar internasional dengan harga yang lebih kompetitif, karena mereka tidak perlu menambahkan biaya pajak ke harga jual produk mereka.

5. Upah Pekerja Rendah dan Tidak Ada Asuransi

Upah pekerja di China secara umum lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara Barat. Selain itu, standar perlindungan pekerja dan asuransi seringkali kurang ketat, yang berarti biaya tenaga kerja lebih murah. Ini juga berkontribusi pada harga barang yang lebih murah.

6. Produk Tiruan

Produsen China seringkali membuat tiruan produk populer. Karena mereka tidak perlu menghabiskan uang untuk penelitian dan pengembangan, mereka dapat menjual produk tiruan ini dengan harga yang jauh lebih murah.

6. Harga Material

Salah satu faktor utama adalah harga material. Produsen di China dapat memesan volume material yang tinggi, sehingga harganya bisa ditekan serendah mungkin. Hal ini memungkinkan mereka untuk menghasilkan produk dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan produsen di negara lain.

Selain itu, banyak produsen material juga berada di China, yang berarti mereka tidak perlu membayar biaya impor yang tinggi untuk material tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)