10 Alasan Harga Barang Impor dari China Lebih Murah Ketimbang Buatan Lokal Indonesia

Rabu, 26 Juni 2024 - 15:35 WIB
loading...
10 Alasan Harga Barang...
Produk-produk China tersebar di Indonesia beraneka ragam dengan harga yang sangat murah. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Konsumen Indonesia sekarang dengan mudah menemukan produk impor China di lokapasar. Sering didapati, harga produk impor asal China jauh lebih murah dibandingkan buatan lokal.

Produk-produk China tersebar di Indonesia beraneka ragam seperti, elektronik hingga pakaian, mainan hingga perabotan rumah dan masih banyak lagi. Barang impor murah yang memadati lokapasar membuat pelaku UMKM kesulitan bersaing dari sisi harga.

Salah satu alasan utama mengapa produk impor begitu merajalela karena harganya yang sangat murah. Berikut 10 alasan mengapa produk impor dari China lebih murah ketimbang di dalam negeri dilansir SINDOnews dari Customs Trade Academy, Rabu (26/6/2024).

1. Produk Berskala Industri

China, yang dikenal sebagai pabrik dunia, memiliki kapasitas produksi yang sangat besar. Skala industri yang besar ini memungkinkan efisiensi dan ekonomi skala. Dengan kata lain, biaya per unit produk menjadi lebih murah ketika diproduksi dalam jumlah besar.

Misalnya, jika sebuah pabrik memproduksi satu juta unit produk, biaya per unit akan jauh lebih rendah dibandingkan jika pabrik tersebut hanya memproduksi seribu unit.

2. Biaya Subsidi

Pemerintah China memberikan berbagai bentuk subsidi kepada produsen. Subsidi ini bisa berupa bantuan finansial, akses ke sumber daya dengan harga yang lebih rendah, atau insentif pajak. Dengan bantuan ini, produsen dapat menurunkan biaya produksi mereka, yang pada akhirnya membuat barang yang mereka produksi menjadi lebih murah.

3. Dukungan Infrastruktur dan Hak Cipta

China telah berinvestasi besar dalam infrastruktur, termasuk jaringan transportasi dan logistik. Infrastruktur yang baik ini memudahkan dan mempercepat proses produksi dan distribusi barang, yang pada akhirnya dapat menurunkan biaya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1217 seconds (0.1#10.140)