Menengok Krisis Ekonomi dan Ledakan Utang Sri Lanka Rp599 Triliun

Sabtu, 29 Juni 2024 - 14:45 WIB
loading...
Menengok Krisis Ekonomi dan Ledakan Utang Sri Lanka Rp599 Triliun
Sri Lanka pada Mei 2022 kekurangan uang hingga membuatnya gagal membayar utang luar negerinya, setelah ekonominya terdorong ke jurang resesi seiring merosotnya cadangan devisa. Begini kondisinya saat ini. Foto/Dok
A A A
KOLOMBO - Sri Lanka menyegel kesepakatan dengan kreditor bilateral yang dipimpin oleh Jepang dan India, untuk menjadi angin segar di tengah krisis utang yang melanda negara kepulauan Asia Selatan tersebut. Seperti diketahui Sri Lanka sedang dililit utang besar sejak November, tahun lalu.



Sri Lanka pada Mei 2022 kekurangan uang hingga membuatnya gagal membayar utang luar negerinya, setelah ekonominya terdorong ke jurang resesi seiring merosotnya cadangan devisa.

Kreditur Sri Lanka

Komite Kreditor Resmi (OCC), yang dipimpin oleh Jepang, Prancis dan India, mencakup sekitar USD5,9 miliar dari utang luar negeri Sri Lanka sebesar USD37 miliar atau setara Rp599 triliun (Kurs Rp16.191 per USD), menurut kementerian keuangan negara itu. Sementara Bank Ekspor-Impor China (EXIM) mencakup sekitar USD4 miliar utang, berdasarkan data terbaru pemerintah.



Di antara kreditur bilateral, Sri Lanka berutang kepada China USD4,7 miliar, sedangkan utang ke India mencapai USD1,74 miliar. Selanjutnya pada Jepang, bagian dari kelompok Paris Club, Sri Lanka berutang USD2,68 miliar.

China, sejauh ini menjadi pemberi pinjaman bilateral terbesar Sri Lanka, bukan anggota resmi OCC.

Pinjaman komersial, yang terdiri dari obligasi negara dan pinjaman terikat waktu lainnya menyumbang USD14,73 miliar. Sedangkan program bailout senilai USD2,9 miliar oleh Dana Moneter Internasional (IMF) yang diperoleh pada Maret tahun lalu membantu Sri Lanka menstabilkan kondisi ekonomi.

Pemberi pinjaman global telah menyerukan finalisasi Nota Kesepahaman (MoU) Sri Lanka dengan OCC dan perjanjian akhir dengan Bank Ekspor-Impor China untuk menempatkan utangnya pada tingkat yang berkelanjutan dan menguranginya menjadi 95% dari produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2032.

Negosiasi Utang

Pada bulan April, Sri Lanka menolak proposal pemegang obligasi awal untuk merestrukturisasi utang lebih dari USD12 miliar. Negosiasi formal dengan kreditor swasta internasional akan dilanjutkan dalam waktu dekat setelah sekelompok pemegang obligasi menandatangani perjanjian kerahasiaan akhir pekan lalu.

Sri Lanka berutang sekitar USD10,9 miliar kepada bank-bank multilateral. Ditambah Sri Lanka memiliki utang sebesar USD6,2 miliar kepada ADB dan berutang USD4,3 miliar kepada Bank Dunia, tetapi negara itu tidak merestrukturisasi utang multilateral.

Restrukturisasi utang menjadi sangat penting bagi Sri Lanka untuk mencapai surplus anggaran primer 2,3% pada tahun 2025, target fiskal utama yang ditetapkan oleh IMF. Setelah restrukturisasi utang selesai, Sri Lanka berharap dapat mengurangi utangnya secara keseluruhan sebesar USD16,9 miliar.

Utang Domestik

Tak hanya utang luar negeri, Sri Lanka juga beban utang domestik. Di bawah program restrukturisasi utang domestik yang diumumkan pada Juni tahun lalu, Sri Lanka menerima tawaran untuk menukar utang lokal gagal bayar senilai sekitar USD10 miliar dengan obligasi baru.

Hal itu membuka jalan buat negosiasi dengan pemegang obligasi dan kreditor bilateral. Sebanyak 3,2 triliun rupee (USD9,91 miliar) dari 8,7 triliun rupee obligasi yang memenuhi syarat untuk pertukaran disepakati, kata kementerian keuangan.

Tinjauan IMF

Awal bulan ini, IMF menyetujui tinjauan kedua bailout Sri Lanka, membuka pelepasan dana USD336 juta. Akan tetapi pemberi pinjaman global memperingatkan ekonomi Sri Lanka tetap rentan meskipun muncul tanda-tanda pemulihan dan mendesak Kolombo untuk berbuat lebih banyak untuk merestrukturisasi beban utangnya yang besar dan kuat.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0964 seconds (0.1#10.140)