alexametrics

Antam Jajaki Kerja Sama dengan 2 Perusahaan China

loading...
Antam Jajaki Kerja Sama dengan 2 Perusahaan China
PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) akan jajaki kerja sama dengan dua perusahaan swasta China, yakni Shandong Xinhai dan Huayou Cobalt Company Ltd. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) akan melakukan penandatangan perjanjian kerjasama dengan dua perusahaan swasta China, yakni Shandong Xinhai dan Huayou Cobalt Company Ltd. Direktur Utama Antam Arie Prabowo mengatakan, Antam tengah menjajaki dengan Shandong Xinhai, sebuah perusahan feronikel terbesar di China dengan produksi hingga 240.000 ton.

"Jadi rencananya kita kerja sama dengan Shandong, kenapa dengan mereka karena Shandong bersedia tidak majority baik di upstream ataupun midstream. Target tiga kita sudah detail agreement dengan nilai investasi USD1,2 miliar," ujar Arie di Path dan Veneu Dining, Jakarta.

Lebih lanjut Ia menerangkan, Antam akan membuat produksi nikel kelas dua sebesar 40-48 ribu ton, stainless sebesar 600.000 ton. Sementara itu, dengan Huayou Cobalt Company Ltd, Antam akan memproduksi nikel kelas satu atau material untuk kebutuhan baterai.



Pabrik tersebut rencananya akan dibangun di Pulau Gag, Papua. "Nilai investasinya USD6-USD12 miliar, kerja sama ini akan menjadikan produksi Antam semakin sustain. Ini kerjasama kita dengan Inalum juga," ujarnya.

Sebagai informasi, sejak pertengahan tahun lalu, Huayou berencana untuk membangun smelter nikel di Indonesia untuk memenuhi permintaan akan komoditas tersebut di industri baterai. Perusahaan tersebut akan menginvestasikan USD1,83 miliar di Indonesia dan saat ini sedang mencari rekanan lokal.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak