Go International, Pegadaian Ajak UMKM Binaan Pameran di Brunei Darussalam

Minggu, 30 Juni 2024 - 20:58 WIB
loading...
Go International, Pegadaian Ajak UMKM Binaan Pameran di Brunei Darussalam
Pegadaian didukung KBRI BSB membawa UMKM pilihan dalam Kegiatan Indonesia Halal Expo, Consumer Fair yang digelar sejak 26 Juni hingga 30 Juni 2024 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.
A A A
BANDAR SERI BEGAWAN - PT Pegadaian didukung oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia Bandar Seri Begawan (KBRI BSB) berkesempatan untuk membawa UMKM pilihan dalam Kegiatan Indonesia Halal Expo, Consumer Fair yang digelar sejak 26 Juni hingga 30 Juni 2024 di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Achmad Ubaedillah resmi membuka Pameran Produk Halal Indonesia atau Indonesia Halal Expo 2024. Berbagai pihak yang turut mendukung pelaksanaan kegiatan ini, di antaranya Yang Mulia Pengiran Mohammad Amirrizal bin Pengiran Haji Mahmud, yakni Setiausaha Tetap Kementerian Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Brunei Darussalam.

Pada acara tersebut berbagai produk dipamerkan, di antaranya makanan dan minuman khas daerah Indonesia, obat-obatan, kosmetik, serta pakaian Muslim karya perancang busana Tanah Air. Selain PT Pegadaian, Asosiasi pengusaha Indonesia di Brunei (Indonesia Business Chamber/IBC) dan Persatuan Masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam (PERMAI) turut berpartisipasi dalam pameran tersebut.

Pegadaian membawa Mitra Binaan Pilihan hasil kurasi Program pemberdayaan UMKM Pegadaian atau yang dikenal dengan program GadePreneur. Produk mitra binaan yang dipamerkan adalah Produk hasil kurasi dari UMKM Fashion dan UMKM Makanan.

Selain kegiatan pameran yang berlangsung selama 5 hari, PT Pegadaian juga berkunjung ke Jamuan Makan Malam yang diadakan oleh KBRI BSB pada hari kedua yang dilaksanakan di Hotel Rizqun Brunei. Jamuan ini menjadi sarana PT Pegadaian untuk menjalin hubungan dan menggali kesempatan bisnis di Brunei Darussalam.

PT Pegadaian mengikuti panel diskusi yang dihadiri langsung oleh Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Wakil Kepala Perwakilan Indonesia di Brunei dan Ketua Badan Kerja Sama Antarparlemen Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (BKSAP DPR RI) Fadli Zon serta perwakilan dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan mengungkapkan harapannya agar kegiatan tersebut dapat membuka pintu bagi UMKM untuk memasuki pasar halal global dan baik kelas.

“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen kami untuk terus mendukung UMKM naik kelas. Harapannya melalui kegiatan ini, UMKM khususnya UMKM Binaan PT Pegadaian dapat terpacu agar dapat memanfaatkan pasar halal global dalam meningkatkan penjualan dan daya saing merek lokal ke tingkat internasional,” kata Damar, Minggu (30/6/2024).

Tidak hanya itu, melalui kegiatan ini Pegadaian juga berupaya untuk mempromosikan UMKM di Indonesia dalam rangka mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Nomor 8, yaitu Pekerjaan Layak dan pertumbuhan Ekonomi, sehingga, UMKM binaan Pegadaian diharapkan dapat berpartisipasi dan bersaing di pasar halal global khususnya di Asia Tenggara, hingga mendunia.
(ars)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1294 seconds (0.1#10.140)