alexametrics

Antisipasi Macet Cipali, Pertamina Siapkan 7 SPBU Mobile

loading...
Antisipasi Macet Cipali, Pertamina Siapkan 7 SPBU Mobile
Pertamina menyiapkan tujuh SPBU Mobile untuk para pemudik bila terjadi kehabisan BBM saat kemacetan di Tol Cipali. Foto/Dok.Pertamina
A+ A-
BANDUNG - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III menyiapkan tujuh SPBU kantong atau Mobile Storage, yaitu mobil tangki pengangkut BBM mengantisipasi bila terjadi kemacetan atau kendaraan yang kehabisan bahan bakar di jalanan.

Unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami, mengatakan mobil tersebut disiagakan langsung di SPBU untuk mengantisipasi kemacetan. Untuk Tol Cipali, akan ada disiagakan tujuh Mobile Storage di SPBU mengamankan suplai BBM.

Tak hanya itu, mengantisipasi kelancaran pasokan BBM apabila terjadi kepadatan lalu lintas saat One Way diberlakukan di Cipali, Pertamina berkoordinasi dengan aparat kepolisian. Mereka nantinya akan mengawal mobil tangki BBM masuk melalui pintu keluar, dan menggunakan jalur contraflow.



Namun demikian, Dewi mengimbau masyarakat untuk memenuhi tangki BBM (fulltank) kendaraannya sejak berangkat. Apabila menemukan SPBU, pemudik juga bisa memenuhi lagi tangki BBMnya.

"Tidak perlu menunggu setengah kosong, jika ada SPBU, kami berharap masyarakat langsung mengisi kembali tangki BBMnya supaya pemudik aman dan nyaman dalam perjalanan," kata Dewi, Jumat (31/5/2019).

Sementara itu, terkait pemberlakukan one way di Tol Cipali, pihaknya telah melakukan penyesuaian distribusi agar pasokan tetap aman. Sehingga ketersediaan BBM baik di sisi kiri maupun kanan jalan tol tetap aman.

Di antaranya, Kios Pertamina Siaga, SPBU Modular dan Mobile Storage telah berada di sejumlah titik jalur One Way. Kios Kemasan Pertamina Siaga berada di 8 titik. Yaitu Jalur kiri, Rest Area KM 86A, KM 102 A, KM 130A dan KM 207. Jalur Kanan, Parking Bay KM 71 B, Rest Area KM 86 B, km 130B dan KM 208B.

Di Kios Kemasan Pertamina Siaga tersebut juga sudah disiagakan Motor Kemasan Pertamina Siaga. SPBU Modular, yakni SPBU Mini portabel, yang disiagakan di ruas kiri berada di Rest Area KM 86A, KM 130A dan KM 207A dan jalur kanan di Rest Area KM 86B, KM 130B.

Sebelumnya, kata dia, Pertamina MOR III telah menambah pasokan gasoline seiring dengan peningkatan kebutuhan akan produk gasoline yang naik 10% selama masa Satgas Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini. Sedangkan untuk produk gasoil mengalami penurunan permintaan sebanyak 9%.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak