Pengen Ekonomi Lekas Pulih, Mendag Ajak Emak-Emak Kembali Belanja ke Pasar

Minggu, 23 Agustus 2020 - 16:10 WIB
loading...
Pengen Ekonomi Lekas Pulih, Mendag Ajak Emak-Emak Kembali Belanja ke Pasar
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menginspeksi salah satu kios pedagang telur di Pasar Kramat Jati, Jakarta, Rabu (29/4) Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengajak emak-emak kembali belanja ke pasar sebagai upaya mendukung percepatan pemulihan ekonomi akibat wabah virus corona. Namun demikian, pemerintah daerah tetap harus mengawal dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Cara ini bisa ditempuh dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona, dan pemberian panduan protokol kesehatan di pusat pembelanjaan maupun pasar rakyat," ujar dia, di Jakarta, Minggu (23/8/2020).



Disamping itu, pihaknya juga terus mendorong merampungkan revitalisasi pasar rakyat di 133 kabupaten dan kota tahun ini. Program ini dapat dimanfaatkan untuk memulihkan ekonomi karena sifatnya yang padat karya, dengan estimasi mampu menyerap 3.375 tenaga kerja selama revitalisasi berlangsung.

Selain itu juga menambahkan bantuan tersebut berupa masker, sarung tangan, sabun cair, hand sanitizer, tangki air dan wastafel, dan bilik disinfektan untuk 157 pasar rakyat. Kemendag juga memiliki program bantuan sarana usaha perdagangan untuk tahun 2020-2022 yang diestimasi memberi manfaat kepada 22.170 orang. "Untuk mendukung aktivitas pasar rakyat di masa pandemi, Kemendag telah mengalokasikan anggaran dalam wujud bantuan bagi pedagang dan pengelola pasar," tandasnya.



Tak berhenti di situ, Kemendag juga telah menjalankan sejumlah strategi di bidang perdagangan dalam dan luar negeri yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) dan penyederhanaan perizinan. Langkah-langkah strategis tersebut untuk memulihkan perdagangan dalam negeri untuk menggeliatkan kembali pasar dalam negeri.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2545 seconds (0.1#10.140)