Para Gubernur Bank Sentral Se-Asia Timur dan Pasifik Tukar Pikiran Hadapi Pandemi

Senin, 24 Agustus 2020 - 10:08 WIB
loading...
Para Gubernur Bank Sentral Se-Asia Timur dan Pasifik Tukar Pikiran Hadapi Pandemi
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Para gubernur bank sentral negara-negara di Asia Timur dan Pasifik yang tergabung dalam EMEAP (1) bertukar pandangan mengenai perkembangan terkini perekonomian dan sistem keuangan di kawasan. Para gubernur juga menyampaikan bahwa berbagai respons kebijakan oleh bank sentral di kawasan telah membantu mengurangi tekanan terhadap perekonomian dan pasar keuangan yang disebabkan oleh pandemi.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Pery Warjiyo mengatakan, komunikasi yang proaktif antara bank sentral dengan berbagai otoritas, masyarakat, dan pelaku industri juga telah membantu kelancaran implementasi kebijakan.

"Para Gubernur Bank Sentral EMEAP juga bertukar pandangan mengenai strategi kebijakan ke depan di tengah perkembangan pandemi dan perekonomian global yang masih diliputi ketidakpastian," kata Perry di Jakarta, Senin (24/8/2020). ( Baca juga:Corona Gembosi Produsen Ban Ini Hingga Tak Bagikan Dividen )

Secara khusus, para gubernur sependapat bahwa terdapat tantangan kebijakan dalam upaya menciptakan keseimbangan antara dukungan terhadap pemulihan ekonomi dan upaya menjaga resiliensi sektor perbankan. Bank Indonesia menyampaikan rangkaian inisiatif kebijakan yang telah diambil untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan serta mendukung pemulihan ekonomi Indonesia.

"Bank Indonesia terus mengintensifkan koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait, serta melakukan komunikasi publik secara proaktif," katanya.

Para gubernur menyambut baik kemajuan pelaksanaan berbagai inisiatif EMEAP dalam setahun terakhir. Antara lain, di bidang pengawasan dan resolusi perbankan, pengembangan pasar keuangan, infrastruktur sistem pembayaran dan sistem keuangan, serta teknologi informasi.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)