alexametrics

Rencana Jalan Tol Memanfaatkan Tanggul Laut Diapresiasi

loading...
Rencana Jalan Tol Memanfaatkan Tanggul Laut Diapresiasi
Rencana pembangunan jalan tol di atas tanggul laut di sebelah utara Jakarta memperoleh apresiasi. Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Rencana pemerintah mengembangkan jaringan jalan tol baru di sebelah utara Jakarta memanfaatkan tanggul laut diapresiasi. Jaringan tol baru tersebut dinilai akan mampu mengurai kepadatan kendaraan dari arah Bekasi dan sekitarnya.

"Apalagi, aksesnya ini menghubungkan Bekasi dan Banten, saya kira ini cukup positif dan patut diapresiasi. Tapi yang lebih penting harus kita lihat lagi dari sisi teknisnya seperti apa dari desain enginering-nya," ucap Anggota Komisi V DPR bidang Transportasi Muhidin M Said, kepada KORAN SINDO di Jakarta, Senin (15/7/2019).

Namun menurutnya rencana tersebut masih akan dibahas lebih dalam. Sebab, proyek itu harus masuk melalui jaringan jalan tol baru yang direncanakan Badan Pengelola Jalan Tol Kementerian PUPR.



Terpisah, pengamat transportasi dari Universitas Katolik Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno mengatakan, konsep pembangunan jalan tol baru memanfaatkan tanggul di wilayah utara Jakarta juga harus dipikirkan dari sisi pemanfaatan produk angkutan massal lainnya. Dia beralasan pemerintah juga merencanakan membangun jalur Moda Raya Terpadu (MRT) dari Barat ke Timur.

"Ya sebenarnya tidak masalah jalan tolnya di bangun di atas tanggul, tapi harus diutamakan adalah angkutan massalnya dulu berupa MRT yang East-West ini," ucapnya.

Menurutnya, baik MRT maupun jalan tol di atas tanggul punya manfaat positif, selama mampu mengurai kepadatan kendaraan. "Dan yang lebih penting adalah bagaimana mengurangi angkutan pribadi supaya masyarakat beralih moda ke angkutan massal ini," ucapnya.

Dia menambahkan, pemerintah tidak akan membutuhkan anggaran yang besar melalui pemanfaatan jalan tol di atas tanggul, sebab pembangunannya juga akan menggunakan sistem konsesi. "Yang pasti butuh investor. Sedangkan pemanfaatan tanggul sendiri saya kira bisa menghemat karena tidak memerlukan timbunan yang lebih besar untuk bangun jalan tolnya," tegas dia.

Diketahui, pemerintah berencana mengembangkan jaringan tol baru di wilayah utara Jakarta. Tol yang akan menghubungkan wilayah Bekasi-Banten ini juga akan berfungsi sebagai tanggul laut.

Direktur Sungai dan Pantai Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Jarot Widyoko menuturkan, draf rencana pengembangan ini masih disusun pemerintah bekerja sama dengan Korea Selatan dan Belanda. Belum lama ini, Indonesia telah memperbarui nota kerja sama dengan Korsel dan Belanda yang sebelumnya telah berakhir pada Mei 2019 lalu.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak