Tips MotionTrade: 2 Keuntungan Buyback Saham untuk Investor

Kamis, 25 Juli 2024 - 11:57 WIB
loading...
Tips MotionTrade: 2...
Investor harus melakukan analisis menyeluruh untuk memahami tujuan dan dampak terhadap nilai investasinya. MotionTrade telah merangkum 2 keuntungan buyback saham bagi investor, di antaranya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan perusahaan efek di bawah naungan MNC Group, yang saat ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology, dan merupakan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan.



Berkenaan dengan hal tersebut, MNC Sekuritas aktif mendukung penciptaan investor baru di pasar modal dengan menyediakan beragam instrumen investasi pasar modal, seperti saham, reksa dana, obligasi, sukuk dan produk turunan lainnya.

Pernahkah Anda mendengar kabar pembelian saham suatu perusahaan oleh perusahaan itu sendiri? Aksi korporasi tersebut dikenal dengan istilah buyback saham . Biasanya, buyback saham dilakukan untuk mengurangi jumlah saham perusahaan yang beredar. Buyback memberikan dampak positif bagi investor selain bagi emiten terkait.



Buyback saham bisa menjadi sinyal positif bagi investor. Namun, investor harus melakukan analisis menyeluruh untuk memahami tujuan dan dampak terhadap nilai investasinya. MotionTrade telah merangkum 2 keuntungan buyback saham bagi investor, di antaranya:

1. Kenaikan Harga Saham

Aksi emiten membeli kembali saham mereka sendiri akan mengurangi jumlah saham yang beredar di pasar. Hal ini dapat meningkatkan bagian kepemilikan relatif dari setiap saham yang dimiliki oleh investor.

Dengan mengurangi jumlah saham yang beredar, permintaan relatif terhadap saham dapat meningkat. Hal ini dapat berpengaruh terhadap kenaikan harga saham yang menguntungkan bagi investor yang sebelumnya sudah memegang saham tersebut.

2. Peningkatan Laba per Saham

Dengan jumlah saham yang lebih sedikit, laba per saham (Earnings Per Share) perusahaan cenderung meningkat karena laba perusahaan dibagi oleh jumlah saham yang lebih kecil. Sebagaimana yang diketahui, EPS adalah rasio yang umum dijadikan tolak ukur oleh investor saat menilai fundamental sebuah saham.

Semakin tinggi nilainya, berarti semakin menarik pula saham tersebut untuk dikoleksi. Investor bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk berinvestasi pada saham tersebut.

Jika tertarik membeli saham emiten yang tengah melakukan buyback, Anda dapat bertransaksi secara aman dan stabil melalui aplikasi MotionTrade. Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience.

Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade

MNC Sekuritas, Invest with The Best!
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)