Menkominfo Budi Arie Sentil Pinjol Soal Pembiayaan UMKM Produktif

Kamis, 01 Agustus 2024 - 18:49 WIB
loading...
Menkominfo Budi Arie...
Menkominfo Budi Arie Setiadi mendorong para penyedia jasa pinjaman online (Pinjol) untuk lebih banyak menyasar pembiayaan ke sektor UMKM. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo ) Budi Arie Setiadi mendorong para penyedia jasa pinjaman online atau Pinjol untuk lebih banyak menyasar pembiayaan ke sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).



Budi menyebut akses permodalan saat ini masih menjadi tantangan untuk pengembangan UMKM . Sebab belum seluruhnya masyarakat punya akses pembiayaan ke lembaga keuangan formal seperti perbankan.

"Intisari digitalisasi ini apa sih, membuat masyarakat semakin produktif, kalau soal pinjaman online, ini kan soal cara saja. Lewat online, kita mendorong pinjol menyasar yang produktif," kata Menkominfo Budi Arie di Jakarta, Kamis (1/8/2024).



Namun demikian, Budi Arie menilai masalah permodalan sebetulnya bukan masalah besar bagi para pelaku UMKM. Sebab menurutnya, kreatifitas menjadi hal yang paling penting dalam menjalankan bisnis usaha agar bisa dilirik oleh pemodal.

"Kalau soal permodalan, saya pikir selama idenya bagus, saya yakin permodalan bukan isu," tambahnya.

Selain itu Menkominfo juga mendorong para pelaku UMKM untuk mengoptimalkan internet untuk merambah pasar digital. Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), penetrasi internet di Indonesia per tahun 2024 sudah mencapai 79,5%, alias 221 juta penduduk sudah menggunakan internet.

Budi Arie menilai, tingginya penetrasi internet di Indonesia ini sedikit banyak berpengaruh terhadap pergeseran gaya hidup masyarakat, salah satunya aktivitas belanja. Jika sebelumnya konsumsi masyarakat banyak dilakukan secara langsung dengan mendatangi penjual, saat ini bisa dilakukan hanya menggunakan gadget.

"Kami meluncurkan program UMKM level up, tujuannya agar para pelaku UMKM terdorong menggunakan perangkat digital, program ini terjadi pendampingan untuk meningkatkan kapabilitas UMKM melalui workshop pelatihan dengan UMKM," pungkasnya.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)