6 Perusahaan Migas Terbesar di Rusia, Simpan Harta Karun Tak Terduga

Jum'at, 02 Agustus 2024 - 15:54 WIB
loading...
6 Perusahaan Migas Terbesar...
Ladang minyak Vankorskoye, di utara kota Krasnoyarsk, Siberia, Rusia, yang dimiliki oleh Rosneft. FOTO/Reuters/Sergei Karpukhin
A A A
JAKARTA - Minyak dan gas bumi merupakan sektor penting penopang ekonomi di Rusia. Negara ini memiliki sejumlah perusahaan migas multinasional terbesar di dunia. Berdasarkan data terakhir yang tersedia dari Administrasi Informasi Energi Amerika Serikat (AS), Rusia memiliki 80 miliar barel cadangan terbukti. Rusia merupakan salah satu produsen minyak terbesar di dunia, yang menempatkannya di peringkat kedelapan dunia.

Menurut Bank Dunia, China adalah pembeli minyak mentah Rusia terbesar, dengan nilai lebih dari USD4,8 miliar pada Mei 2024. Secara keseluruhan, perusahaan minyak dan gas terbesar di Rusia menyumbang lebih dari 80% produksi minyak Rusia dan 78% produksi energi negara tersebut pada data terakhir yang tersedia tahun 2023.

Berikut enam perusahaan migas raksasa di Rusia, yang dilansir SINDOnews dari Investopedia, Jumat (2/8/2024);

1. Rosneft

Rosneft merupakan perusahaan mayoritas milik negara, adalah pemimpin keseluruhan industri perminyakan Rusia dan merupakan salah satu perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia yang diperdagangkan secara publik.

Perusahaan ini mengeksplorasi, mengekstraksi, dan memproduksi produk minyak bumi dan petrokimia, tetapi juga terlibat dalam eksplorasi dan produksi gas alam.

Pendapatan: RUB 9,16 triliun
Laba Bersih: RUB 1,53 triliun
Kapitalisasi Pasar: RUB 2,89 triliun
Imbal Hasil Total Trailing 1 Tahun: 39.13%
Volume Rata-Rata 3 Bulan: RUB 55,04 juta

2. Gazprom Neft

Meskipun merupakan anak perusahaan Gazprom, yang memiliki hampir 96% dari seluruh saham biasa, Gazprom Neft tetap merupakan perusahaan publik. Perusahaan ini sebelumnya dikenal sebagai Sibneft.

Pendapatan: RUB 3,52 triliun
Laba Bersih: RUB 637 miliar
Kapitalisasi Pasar: RUB 3,10 triliun
Imbal Hasil Total Trailing 1 Tahun: 39.13%
Volume Rata-Rata 3 Bulan: RUB 16,54 juta
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1556 seconds (0.1#10.140)