10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga, Bisa Bantu Atur Budget!

Kamis, 08 Agustus 2024 - 19:28 WIB
loading...
A A A
Punya barang-barang yang masih bagus tapi sudah tidak dipakai? Daripada menumpuk di lemari, jual kembali agar bisa mendapatkan pemasukan. Bentuk usaha rumahan modal kecil ini disebut sebagai thrift shop atau toko barang-barang bekas yang masih layak dan berkualitas. Jika sudah mendapatkan keuntungan, ibu rumah tangga bisa mengembangkan usaha rumahan ini dengan menyiapkan stok barang yang lebih banyak lagi.

5. Les Online

Pembelajaran tidak berhenti di sekolah saja. Biasanya, anak sekolah membutuhkan pelajaran tambahan di luar jam sekolah. Maka dari itu, ibu rumah tangga yang memiliki keterampilan mengajar bisa memanfaatkan waktu senggang untuk mendapatkan pemasukan dengan membuka jasa les online. Agar dapat menjangkau calon siswa, gunakan media sosial untuk mempromosikan usaha dengan efektif.

6. Day Care

Bagi ibu rumah tangga, merawat anak sudah bukan hal yang baru. Dengan memanfaatkan keterampilan mengasuh bayi dan balita, usaha day care bisa menjadi pilihan untuk menopang ekonomi keluarga.

Usaha penitipan bayi dan balita ini dapat dijalankan di rumah sehingga tidak membutuhkan biaya sewa tempat terpisah yang cenderung mahal. Pengguna jasa day care biasanya beragam, namun yang paling utama adalah ibu rumah tangga yang merangkap menjadi wanita karier dengan kesibukan tinggi.

7. Catering

Penyediaan makanan dalam jumlah besar biasanya dibutuhkan dalam acara besar, seperti rapat dan pernikahan. Untuk memastikan semua orang mendapatkan makanan tanpa terkecuali, penyelenggara pun mengandalkan jasa catering. Makanan dalam jumlah besar bisa disediakan dalam bentuk prasmanan ataupun kotak makanan.

Usaha sampingan ibu rumah tangga ini tentunya memerlukan keterampilan memasak dan modal cukup besar. Pembelian bahan baku dan peralatan-peralatan khusus untuk penyajian hidangan membutuhkan biaya yang perlu dihitung dengan tepat agar pemilik usaha tidak merugi.

8. Jasa Jahit
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0749 seconds (0.1#10.140)