Lepas dari Jeratan Utang, India Ajak Maladewa Campakkan Dolar AS

Minggu, 11 Agustus 2024 - 17:54 WIB
loading...
A A A
Pada acara tersebut, Muizzu menyebut India sebagai salah satu sekutu terdekat dan mitra yang sangat berharga bagi kepulauan tersebut. Pada Juni, Muizzu berada di ibu kota India untuk membahas perluasan hubungan dekat dan bersejarah antara kedua negara.

Baca Juga: Rumah Bos Hamas Yahya Sinwar Dibom Israel, Dia Lalu Muncul dan Duduk di Sofa Rumahnya

Terletak di sebelah selatan India, Maladewa memiliki kepentingan strategis dan dipandang sebagai komponen kunci dari kebijakan neighborhood first di India. Meskipun ada perselisihan dengan Muizzu, proyek-proyek India di Maladewa telah mengalami kemajuan pesat selama tahun fiskal terakhir, menurut laporan Reuters.

Upaya tersebut mencakup proyek jalan dan jembatan di sekitar ibu kota Maladewa, Malé, senilai USD500 juta dan dua bandara yang masing-masing bernilai hampir USD130 juta di dua pulau di kepulauan tersebut. Secara total utang negara tersebut kepada India mecapai USD630 juta atau setara Rp10 triliun.

Keduanya didukung oleh jalur kredit dari India. Pada bulan Mei, New Delhi memberikan dukungan anggaran kepada pemerintah Maladewa dengan menggulirkan dana perbendaharaan sebesar USD50 juta untuk satu tahun berikutnya.
(nng)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)