Lepas dari Jeratan Utang, India Ajak Maladewa Campakkan Dolar AS

Minggu, 11 Agustus 2024 - 17:54 WIB
loading...
Lepas dari Jeratan Utang,...
India dan Maladewa menyepakati transaksi pembayaran dengan mata uang lokal di tengah pasang surut hubungan antar kedua negara. FOTO/iStock Photo
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar berada di Maladewa dalam kunjungan resmi. Ini adalah perjalanan pertama sejak hubungan kedua negara memburuk awal tahun ini di bawah pemerintahan baru Maladewa yang dipimpin oleh Presiden Mohamed Muizzu.

Hubungan antara New Delhi dan Maladewa tegang setelah Muizzu memerintahkan penarikan pasukan India yang ditempatkan di pulau-pulau tersebut segera setelah mengambil alih negara tersebut.

Personel yang mengoperasikan pesawat pengintai di Maladewa ditarik awal tahun ini dan digantikan dengan warga sipil. Bulan Maret, Maladewa menandatangani perjanjian militer dengan China.

Pada hari Jumat, Jaishankar mengatakan dia berada di Maladewa untuk mengkaji keterlibatan pertahanan dan keamanan. Ia juga mengumumkan bahwa India dan Maladewa telah menandatangani perjanjian untuk memperkenalkan Antarmuka Pembayaran Terpadu India di negara kepulauan tersebut.

Kartu RuPay, sistem kartu pembayaran mata uang lokal India, yang mirip dengan Visa dan MasterCard, akan dapat digunakan untuk transaksi dalam rupee India di Maladewa sehingga memudahkan wisatawan melakukan pembayaran. Hak ini juga bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pemakaian mata uang dolar AS.



Maladewa, yang terkenal dengan pantainya yang indah, merupakan tujuan populer bagi wisatawan India. Namun, masyarakat India mulai memboikot kepulauan tersebut secara massal pada bulan Januari lalu ketika para menteri di kabinet Muizzu mengkritik Perdana Menteri India Narendra Modi karena postingannya yang mempromosikan kepulauan Lakshadweep di India sebagai tujuan wisata alternatif. Para menteri diberhentikan setelah New Delhi mengambil pengecualian atas komentar tersebut.

Pada hari-hari awal perselisihan tersebut, Muizzu melakukan perjalanan ke Beijing dan menyarankan agar Maladewa meningkatkan pariwisata dari China. Namun, pada bulan Mei, Menteri Pariwisata Maladewa Ibrahim Faisal meminta masyarakat India untuk mengunjungi pulau-pulau tersebut, mengingat perekonomian negara tersebut sangat bergantung pada pariwisata.

Pada hari Sabtu, Jaishankar juga mengambil bagian dalam upacara di kantor Presiden untuk memperingati selesainya fasilitas pasokan air dan saluran pembuangan di 28 pulau Maladewa yang didanai oleh jalur kredit dari New Delhi.

"Berkomitmen untuk memperdalam hubungan India-Maladewa demi kepentingan rakyat kami dan kawasan ini," tulis Menteri Luar Negeri India di X dikutip dari Russia Today, Minggu (11/8/2024).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1427 seconds (0.1#10.140)