Dirut PLN Berbagi Kunci Sukses Perseroan Jalankan Transformasi Bisnis di Lintasarta Leaders Forum

Minggu, 11 Agustus 2024 - 18:58 WIB
loading...
A A A
"Revenue kita bertambah secara drastis. Total pendapatan naik. Kemudian juga di tengah kondisi COVID-19 itu ternyata pendapatan kita juga masih meningkat, cost-nya ditekan. Utangnya bisa dikurangi dari Rp 500 triliun saat ini hanya Rp390 triliun," ujarnya.

Sedangkan, di sektor pembangkitan, PLN juga bertransformasi dengan mendorong penggunaan energi rendah karbon melalui pemanfaatan energi baru terbarukan. Di antaranya, PLN mengusulkan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) di mana 75 persen pembangkit listrik dari energi baru terbarukan (EBT) dan 25 persen dari gas.

"Dulu tugas PLN satu. Bagaimana menyediakan listrik saja. Tetapi ke depan tentu saja dengan adanya perubahan iklim, our main job is to take care the environment. Bagaimana mengurangi emisi gas rumah kaca, tapi juga mampu menyediakan listrik yang affordable, yang clean," katanya.

President Director & CEO Lisantara, Bayu Hasantasena, mengatakan, budaya perusahaan merupakan fondasi yang sangat penting untuk mencapai tujuan transformasi bisnis.

Bayu pun mengapresiasi tranformasi yang dilakukan PLN di bawah kepemimpinan Darmawan Prasodjo. Berbagi pengalaman ini, kata Bayu, berguna bagi transformasi yang sedang dilakukan oleh Lintasarta.

"Kita ingin belajar lebih bagaimana transformasi berjalan di PLN, dalam kepemimpinan beliau saat ini saya lihat banyak sekali terjadi perubahan di PLN," tutur Bayu.
(ars)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0834 seconds (0.1#10.140)