UMKM Termasuk Penerima Manfaat, Laznas MAI Beberkan Capaian Pengelolaan Dana Zakat 2023

Minggu, 18 Agustus 2024 - 12:20 WIB
loading...
UMKM Termasuk Penerima...
Penghimpunan Dana ZIS mengalami peningkatan di 2023, usai MAI dipercaya untuk mengelola dana ZIS sebesar Rp57.5 miliar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Laznas Mandiri Amal Insani (MAI) mencatatkan pencapaian penting sepanjang tahun 2023, yang diumumkan pada Public Expose. Acara ini tidak hanya menjadi ajang berbagi informasi dan capaian, tetapi juga mempererat silaturahmi dan mengokohkan komitmen MAI untuk terus berkontribusi dalam membangun masyarakat melalui kolaborasi berbagai pihak untuk memberi dampak baik bagi Indonesia.

Capaian MAI di 2023

Penghimpunan Dana ZIS mengalami peningkatan di 2023, usai MAI dipercaya untuk mengelola dana ZIS sebesar Rp57.540.155.708,-, jumlah tersebut meningkat 26% dari penghimpunan tahun 2022.



Tercatat ada sebanyak 7.132 donatur mempercayakan dana ZIS mereka kepada MAI, dimana angka tersebut meningkat 13% dari jumlah donatur tahun 2022 yang berjumlah 6.337.

UMKM Termasuk Penerima Manfaat, Laznas MAI Beberkan Capaian Pengelolaan Dana Zakat 2023


Selain itu MAI telah menyalurkan dana Rp52.702.672.316,- melalui lima pilar program (Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan, Dakwah & Advokasi serta Sosial Kemanusiaan), meningkat 36% dari penyaluran tahun 2022 sebesar Rp 38.641.630.991,-.

Penerima Manfaat

Pada tahun 2023, MAI telah menyalurkan dana ZIS kepada 204.705 penerima manfaat tersebar di 29 Provinsi dan terdistribusi ke 44.137 yatim dhuafa, 47 bedah rumah dhuafa, 212 ekonomi pesantren, 1.500 pemberdayaan UMKM , 40 pemberdayaan Desa serta mendukung melahirkan generasi emas 2045 melalui beasiswa rutin dan non rutin yang telah diterima oleh 15.854 anak muda Indonesia.

Ditekankan bahwa MAI berkomitmen untuk terus meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam setiap program yang dijalankan. Keberhasilan yang diraih adalah hasil dari kerja keras, dedikasi, dan kerjasama solid dari seluruh anggota yayasan, mitra, dan pendukung.

"Mengangkat tema Kolaborasi Sosial untuk Negeri yang berarti MAI Foundation melanjutkan tema yang berkesinambungan dari tahun sebelumnya yang bertemakan “Mandiri dan Tumbuh Bersama Ekosistem Kebaikan” yang mana Public Expose tahun ini merupakan wujud implementasi yang telah direalisasikan oleh MAI Foundation selama tahun 2023 yang terus menguatkan kolaborasi dan tumbuh mandiri Bersama Mandiri group yang memiliki tujuan utama yakni memberikan manfaat seluas luasnya untuk negeri," ungkap Ketua Yayasan Mandiri Amal Insani Bily Arkan, di Jakarta, Kamis (15/8/2024).

Rencana Tahun 2024

Pada tahun 2024, MAI berencana untuk memperluas jangkauan program-programnya melalui kerjasama yang lebih erat dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, NGO, dan komunitas-komunitas lokal.



Sinergi ini diharapkan dapat memperkuat upaya dalam mewujudkan perubahan positif yang berkelanjutan. Melalui pendekatan yang inklusif dan kolaboratif, MAI bertujuan untuk menghadirkan solusi yang lebih efektif dan berdampak luas.

Inovasi dan Adaptasi

Dalam era yang terus berubah, MAI menyadari pentingnya inovasi dalam setiap langkah yang diambil. MAI bertekad untuk terus beradaptasi dan mencari cara-cara baru dalam memberikan kontribusi yang lebih besar. MAI harus menjadi pelopor dalam menciptakan program-program yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan zaman.

MAI percaya bahwa untuk membangun kebermanfaatan sosial untuk Negeri, kolaborasi adalah kunci. Semua lembaga, baik filantropi, swasta, pemerintahan, maupun media, memiliki peran penting dalam berkontribusi untuk kemajuan bangsa dan peningkatan kesejahteraan Masyarakat di Indonesia.

Dengan bekerja sama sepenuh hati, segala tantangan akan terasa lebih ringan. Kolaborasi ini tidak hanya membuat program-program yang kita jalankan lebih efektif dan efisien, tetapi juga memastikan bahwa dampak positifnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan Masyarakat.

Sebagai informasiLAZNAS Mandiri Amal Insani (MAI) adalah lembaga sosial yang berkomitmen untuk mengelola dana sosial Islam dengan profesional dan amanah. MAI menjalankan berbagai program dalam bidang Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan, Dakwah & Advokasi serta Sosial Kemanusiaan untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2036 seconds (0.1#10.140)