Gelar Upacara HUT RI di Laut Jawa, PHE ONWJ Lepas FSO Tertua di Dunia

Minggu, 18 Agustus 2024 - 21:47 WIB
loading...
Gelar Upacara HUT RI...
PHE ONWJ menggelar upacara HUT ke-79 RI di Laut Jawa. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Di bawah langit biru yang membentang dan hamparan laut sejauh mata memandang, sebanyak 80 pekerja Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) berdiri tegap, menatap bendera Merah Putih yang dikibarkan dengan khidmat.

Lagu Indonesia Raya mengalun bersamaan dengan deburan ombak dan dengungan mesin, menambah suasana khidmat upacara. Dari kejauhan, para personel ini tampak seperti titik-titik jingga, biru, dan putih di atas landasan berwarna biru tua.

Mereka melaksanakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada Sabtu (17/8) pagi, dari Central Plant Flowstations, fasilitas produksi hulu migas yang terletak sekitar 95 kilometer dari pantai utara Pulau Jawa. General Manager PHE ONWJ, Muzwir Wiratama, bertindak sebagai pembina upacara.



Dalam sambutannya, Muzwir menekankan bahwa kemerdekaan adalah hasil dari perjuangan dan pengorbanan. "Hari ini, kita tidak hanya merayakan kemerdekaan negara kita tetapi juga pencapaian kita bersama di sektor energi yang berkontribusi pada kemajuan bangsa dan negara," ujarnya.

"Semangat kemerdekaan harus terus kita jaga dan kobarkan dalam setiap langkah, terutama dalam upaya mencapai target produksi migas nasional. Mari kita jadikan momentum ini untuk memperkuat komitmen kita dalam menjaga ketahanan energi bangsa," imbuhnya.



Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan pelepasan Floating Storage and Offloading (FSO) Arco Ardjuna. Muzwir secara simbolis membunyikan hand horn, menandai berakhirnya tugas FSO Arco Ardjuna, yang telah beroperasi selama 52 tahun dan menjadi FSO tertua yang masih beroperasi di dunia.

Sejak mulai beroperasi pada tahun 1972, FSO Arco Ardjuna telah menampung dan menyalurkan sekitar 128 miliar barel minyak mentah dari wilayah kerja ONWJ.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)