Harapan Sri Mulyani Jelang Pengumuman Suku Bunga Bank Indonesia

Rabu, 18 September 2019 - 23:23 WIB
Harapan Sri Mulyani Jelang Pengumuman Suku Bunga Bank Indonesia
Harapan Sri Mulyani Jelang Pengumuman Suku Bunga Bank Indonesia
A A A
JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia yang digelar 18-19 September, akan mengumumkan suku bunga pada esok siang oleh Gubernur BI Perry Warjiyo. Banyak kalangan menilai BI masih memiliki ruang untuk menurunkan suku bunga acuan demi menstimulus perekonomian ditengah turbulensi ekonomi global.

Ditanya awak media soal pengumuman suku bunga BI, Menteri Keuangan Sri Mulyani enggan berspekulasi, apakah bank sentral akan menurunkan atau menahan suku bunga acuan (BI rate).

"Kita tunggu saja ya, wartawan selalu menanyakan yang sudah tau jawabannya," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Sri Mulyani hanya berharap agar momentum pertumbuhan ekonomi 5% dapat terjaga, ditengah kondisi perekonomian global yang belum stabil.

"Kita berharap momentumnya masih terjaga. Untuk investasi, dengan adanya capital inflow dari penanaman modal asing, kita berharap bisa menetralisir kecenderungan adanya penurunan dari sisi pertumbuhan kredit," terangnya.

Sekadar mengingatkan, pada 22 Agustus lalu, BI menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis points (bps) menjadi 5,50%, suku bunga Deposit Facility sebesar 25 bps menjadi 4,75%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 25 bps menjadi 6,25%.

Penurunan ini demi mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2019 serta sebagai stimulus dari dampak perlambatan ekonomi global. Berlanjutnya ketegangan hubungan dagang dan sejumlah risiko geopolitik semakin menekan volume perdagangan dan pertumbuhan ekonomi dunia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1087 seconds (0.1#10.140)