Tips Properti, Kayu Material Utama Pembentuk Bangunan

Rabu, 26 Agustus 2020 - 13:14 WIB
loading...
A A A
"Tantangan untuk mengaplikasikan kayu di rumah adalah memilih jenis kayu yang tepat, instalasi, serta perawatannya. Biasanya beberapa produsen akan mengambil peran untuk membantu konsumen memilih spesimen kayu yang tepat, instalasi, sekaligus perawatannya," tutur Ryan.

Selain dimanfaatkan sebagai bahan perabot rumah, kayu selalu dijadikan bahan konstruksi. "Sebagai bahan bangunan, hampir semua elemen bangunan bisa memanfaatkan bahan baku kayu. Mulai dari rangka, kuda-kuda, atap, lantai, tiang penyangga, juga dinding," jelas arsitek Kristoporus Primeloka.

Dengan menggunakan kayu, bangunan lebih mudah didesain dalam berbagai macam gaya dan model. Tidak heran jika kayu kerap diaplikasikan untuk membuat bangunan khusus seperti rumah kayu, restoran, kafe, dan vila.

"Faktor paling utama dalam penggunaan kayu untuk bangunan adalah kekuatannya dalam memikul beban serta dinilai lebih aman. Kayu pun lebih fleksibel daripada batu bata. Misalnya jika terjadi gempa bumi, rumah yang terbuat dari kayu tidak mudah retak, tidak mudah bergeser, dan akan tetap pada kondisi aslinya," kata pria yang akrab disapa Kristo. (Lihat videonya: Antrean Mengular, Pengadilan Agama Soreang Dibanjiri Pasutri Sidang Cerai)

Dalam perawatannya, kayu juga memiliki hal yang harus diperhatikan untuk menjaga ketahanan kayu dan menghindari dari kerusakan. "Paparan sinar matahari secara langsung dan suhu yang terlalu tinggi akan mengembangkan kayu hingga retak, sementara kelembaban yang terlalu rendah akan mengerutkan kayu, sehingga bisa menyebabkan tumbuhnya jamur serta serangga perusak lainnya," jelas aristek yang juga kordinator Architecture Sans Frontieres (ASF).

Sebelum membeli bahan material ini, Anda pun? harus mengetahui kisaran harga yang ditawarkan dari setiap kayu. Untuk jenis kayu Jati di banderol dengan harga Rp305.000 sampai Rp907.000 per meter kubik, untuk kayu Gaharu Rp53.000 sampai Rp20 juta tergantung dari jenis kayunya, untuk harga kayu ulin dibanderol dari harga Rp260.000 sampai Rp785.000 per batangnya. (Aprilia S Andyna)

Keunggulan Material Kayu

Ada banyak alasan mengapa material ini sangat populer sebagai bahan bangunan:

1. Kayu bisa menghemat energi

Kayu adalah isolator alami dan sangat efektif dalam mengisolasi dingin dan panas. Ini berarti penghematan energi jika dibandingkan dengan rumah batu dan beton. Kayu juga merupakan penyerap kebisingan yang sangat baik, membuat rumah yang terbuat dari kayu memiliki suasana hangat, santai, dan damai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)