159 Negara Siap Ceraikan Dolar AS, Gabung Sistem Pembayaran BRICS

Rabu, 11 September 2024 - 07:58 WIB
loading...
159 Negara Siap Ceraikan...
Turki salah satu negara NATO telah resmi mengajukan permohonan untuk bergabung dengan BRICS. FOTO/NewsWeek
A A A
JAKARTA - Setelah beberapa waktu lalu muncul keributan mengenai berapa banyak negara yang akan menggunakan sistem BRICS Pay yang akan datang, blok ini telah mengonfirmasi bahwa 159 negara telah siap untuk mengadopsi sistem pembayaran baru.

Sistem aliansi ekonomi ini siap untuk berjalan dengan baik ketika akhirnya diluncurkan. Sekarang, semua mata tertuju pada kapan peluncuran itu akan dilakukan. Rencananya sistem pembayaran BRICS akan diumumkan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) 2024 di Kazan, Rusia.

Sistem ini akan diluncurkan menjadi sebuah pembukaan yang inovatif. Jika hal itu terjadi, blok ini telah mencatat bahwa ada antrean panjang entitas yang siap untuk menerimanya.

Baca Juga: Rusia Ungkap Alasan Banyak Negara Gabung BRICS: Mereka Lelah dengan AS

Awal tahun ini, blok BRICS mengumumkan pembuatan platform pembayaran berbasis blockchain. Platform ini mendefinisikan ulang posisi ekonomi global kolektif tersebut. Platform ini akan bersaing dengan beberapa sistem pembayaran terbesar di seluruh dunia termasuk sistem SWIFT yang didominasi Barat.

Kini, kelompok BRICS telah mengonfirmasi bahwa 159 negara peserta akan mengadopsi sistem pembayaran baru ini. Penjabat Rusia memverifikasi jumlah tersebut dalam sebuah koreksi baru-baru ini, menurut laporan Yahoo.

Meskipun pernyataan sebelumnya mengabarkan bahwa 160 negara akan terlibat, jumlah tersebut telah diklarifikasi dalam laporan berikutnya.

Sistem pembayaran ini sangat penting bagi upaya dedolarisasi yang sedang berlangsung di blok tersebut. Sistem ini akan memberikan jalan bagi negara-negara yang berpartisipasi untuk berdagang dalam mata uang lokal. Oleh karena itu, hal ini akan sangat menghambat bagaimana negara-negara ini menyelesaikan perdagangan. Pada akhirnya, mengurangi kebutuhan internasional akan greenback.

Baca Juga: Jenderal Tertinggi Ukraina: Jet Tempur F-16 Jatuh saat Mengejar Rudal Jelajah Rusia

Hal ini akan sangat penting bagi Rusia, menyusul sanksi tahun 2022 sangat memengaruhi kemampuan perdagangan mereka. Persenjataan itu adalah alasan utama untuk mengadopsi upaya dedolarisasi. Sekarang, blok ini siap untuk bersaing secara lebih menyeluruh di panggung global. Begitu juga dengan negara-negara yang mata uangnya mendapatkan peningkatan adopsi melalui platform pembayaran.

Menurut laporan WatcherGuru, konfirmasi itu mencatat lebih dari 20 negara akan ikut serta dalam platform BRICS Pay. Kemungkinan besar mereka termasuk di antara negara-negara yang ingin bergabung dengan aliansi tahun ini. KTT BRICS di Kazan, Rusia pada Oktober mendatang juga akan membahas harapan ekspansi yang sedang berlangsung.

Negara-negara seperti Venezuela, Malaysia, Thailand, Nigeria, dan Turki telah berusaha untuk masuk ke dalam blok ini. Turki merupakan anggota NATO yang diakui. Keikutsertaan Turki akan menggeser posisi blok ini dalam arti geopolitik. Turki akan diakui sebagai negara NATO pertama yang dirangkul dalam kolektif berbasis global selatan.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0940 seconds (0.1#10.140)