BRICS Bukan Bahaya! IMF Mendukung Ekspansi Geng Rusia-China

Jum'at, 13 September 2024 - 17:54 WIB
loading...
BRICS Bukan Bahaya!...
Ekspansi BRICS yang kerap digadang-gadang bakal menjadi penantang serius pengaruh Barat, mendapat dukungan dari IMF. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Dana Moneter Internasional ( IMF ) menilai ekspansi BRICS sudah seharusnya mendapatkan dukungan, lantaran berdampak positif terhadap perekonomian global. Pernyataan IMF merespons keinginan Turki yang tertarik bergabung dengan kelompok negara-negara berkembang di dalam BRICS.



Turki menjadi negara terbaru yang secara resmi mengajukan keanggotaan BRICS pada awal September. Pertama kali didirikan pada tahun 2009 oleh Rusia, China, India dan Brazil, BRICS hanya butuh satu tahun untuk memperluas keanggotaan dengan bergabungnya Afrika Selatan.

Ekspansi BRICS berlanjut di tahun 2024, ketika group ini berkembang semakin jauh dengan merapatnya beberapa negara berkembang utama mencakup Mesir, Iran, Uni Emirat Arab (UEA), dan Ethiopia.

Sebelumnya Presiden Rusia, Vladimir Putin mencatat, bahwa ada 34 negara telah menyatakan minat pada BRICS, dan diskusi terus berlangsung tentang kemitraan potensial.



Ditanya apakah IMF melihat BRICS sebagai sesuatu yang berbahaya, Kozack menjawab, "pandangan kami bahwa peningkatan dan perluasan kerja sama internasional serta memperdalam hubungan perdagangan dan investasi di antara kelompok negara harus disambut dan didorong," ungkapnya.

Terutama jika ditujukan untuk "mengurangi fragmentasi dan menurunkan biaya perdagangan dan investasi" di antara negara-negara yang berpartisipasi. Dia juga menambahkan, bahwa "keputusan untuk bergabung dengan inisiatif semacam itu adalah keputusan berdaulat dari masing-masing negara anggota."

Ankara sebelumnya telah menegaskan haknya untuk menjalin hubungan dengan negara atau organisasi internasional manapun yang dipilihnya. Turki menyatakan, bahwa keterlibatannya dengan BRICS atau Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) tidak mengganggu komitmen yang lain, termasuk NATO.

"Kami tidak menganggap BRICS sebagai alternatif untuk struktur lain. Kami menganggap semua struktur dan aliansi ini memiliki fungsi yang berbeda," kata Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan sebelumnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)